Ini Efek Menyeramkan dari Kurang Tidur

Ilustrasi orang yang alami penyakit hati.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Tubuh dan otak membutuhkan istirahat yang cukup demi tetap sehat dan bugar. Salah satu istirahat yang perlu dilakukan adalah dengan tidur cukup.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Waktu ideal untuk tidur orang dewasa antara 7-8 jam. Sayangnya, kadang Anda terpaksa memangkas waktu tidur karena ingin menyelesaikan pekerjaan atau rutinitas lainnya. Padahal, hal itu bukan pilihan tepat dan justru bisa membahayakan kesehatan Anda.
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas


Ada beberapa efek menyeramkan yang ditimbulkan bagi kesehatan jika Anda kurang tidur, seperti dilansir dari
Boldsky
, berikut ini:

 

Menyebabkan kematian


Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang kurang tidur memiliki tingkat moralitas yang lebih tinggi dibandingkan yang cukup tidur. Kurang tidur membuat Anda lebih rentan terserang penyakit kardiovaskular pada usia dini.


Menurunkan hasrat bercinta

Ini adalah salah satu akibat kurang tidur. Pria yang menderita
sleep apnea
atau gangguan tidur dengan kesulitan bernapas cenderung memiliki tingkat testosteron lebih rendah, yang dapat berakibat buruk bagi kehidupan seks. Jadi, pastikan Anda tidur minimal 8 jam dalam sehari.


Kecelakaan saat mengemudi


Kurang tidur dapat menimbulkan kelelahan dan akan berbahaya jika Anda dalam kondisi mengemudi. Risiko mengemudi dalam keadaan kurang tidur lebih berbahaya, karena memiliki dampak yang sama seperti orang yang mengemudi dalam keadaan mabuk.


Menyebabkan depresi

Orang yang menderita kecemasan dan depresi sebaiknya bekerja dengan pola tidur teratur dan cukup. Pasalnya, kurang tidur justru dapat memicu depresi.


Wajah dan mata bengkak

Wajah dan mata bengkak adalah salah satu tanda kurang tidur. Untuk menghindari hal ini, Anda harus tidur selama 8 jam sehari atau minimal 6 jam setiap hari.


Berat badan bertambah
 

Meski rajin melakukan diet dan olahraga, jika Anda kurang tidur maka program diet tak akan berhasil. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menambah bobot tubuh. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya