Cara Agar Ibu Hamil Terhindar dari Nyeri Punggung

Ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Berbahayakah Ibu Hamil Aktif Berbenah Rumah?
- Selama hamil, wanita cenderung mengeluhkan masalah yang sama, yakni nyeri di bagian punggung. Dimulai dari trimester awal, dan biasanya akan semakin sakit di trimester ketiga.

Risiko Pengobatan Kanker pada Ibu Hamil
Nyeri tersebut biasanya akan menyebabkan rasa tidak nyaman di punggung bagian atas, pundak dan daerah tulang rusuk. Selain karena janin yang terus berkembang, rasa sakit pada bagian punggung timbul akibat hormon relaksin, yang mengakibatkan persendian di panggul kehilangan kekuatan ototnya. 

Tingkatkan Angkatan Kerja yang Kompeten, Kemnaker Komitmen Hadirkan Pelatihan Vokasi Berkualitas
Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak mengalami sakit punggung selama masa kehamilan, seperti dilansir dari laman Boldsky

Postur

Pastikan duduk dengan postur yang benar. Hindari duduk di sebuah kursi untuk waktu yang lama, jangan menyilangkan kaki. Gunakan sandaran kaki.

Angkat barang berat

Mengangkat barang berat bisa menyebabkan nyeri otot dan tulang belakang. 

Pijatan

Memijat dengan lembut bisa mengurangi sakit punggung. Utamakan pijatan pada titik akupresur. Pijatan bisa memberikan sensasi rileks dan meringankan sakit punggung.

Olahraga

Olahraga secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol nyeri punggung selama hamil. Renang dan yoga bisa dilakukan untuk membantu mengurangi meredakan sakit punggung.

Menguatkan perut

Miringkan panggul untuk menguatkan otot perut, hal ini juga sekaligus menguatkan punggung. Latihan secara teratur dan kuatkan otot perut, untuk mengurangi intensitas sakit punggung.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya