Atasi Penyakit Ginjal Dengan Cara Ini

Ilustrasi ginjal.
Sumber :
  • kidney.org
VIVA.co.id
Pengakuan Sahabat Soal Penyakit Pelawak Eko DJ
- Memiliki organ tubuh yang sehat tentu menjadi idaman banyak orang. Oleh sebab itu, semakin hari semakin banyak orang yang memperhatikan kesehatannya.

Waspada Gejala Penyakit Ginjal Kronik
Pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati memang banyak benarnya. Daripada menghabiskan uang puluhan juta untuk berobat, akan lebih baik menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang aman.

Cara Mencegah Gagal Ginjal Sejak Dini
"Bagi penderita penyakit ginjal kronik misalnya, sebelum masuk tahap pertama, sebaiknya mulai meningkatkan kesadarannya sendiri. Karena jika sudah memasuki tahap pertama, sudah tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah, hanya bisa memperlambat prosesnya agar tidak ke tahap selanjutnya," terang dr.Tunggul D.Situmorang, SpPD,K-GH, FINASIM, dalam acara Penyakit Ginjal dan Pencegahannya, di Jakarta Pusat, 3 Februari 2016.

Motivasi diri untuk kontrol secara teratur, kalau ada proteinurin apalagi berlangsung selama 3 bulan, juga ada keturunan diabetes, hipertensi, maka perlu ditingkatkan kewaspadaan.

"Upaya menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan tetap fit dan aktif, menjaga gula darah, lemak dan kadar gula darah lemak, monitor tekanan darah tetap normal, makanan yang sehat dan berat badan ideal, jangan merokok, jangan mengkonsumsi obat-obatan anti rasa sakit sembarangan," kata Tunggul.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya