Cegukan Ternyata Bisa Jadi Gejala Tumor

Ilustrasi paru-paru
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Cegukan adalah hal lazim yang sering dialami orang. Namun, sepertinya Anda tak boleh menyepelekan hal itu. Pasalnya, cegukan ternyata bisa menjadi tanda masalah kesehatan serius.

Ketahui Tiga Langkah Hentikan Cegukan

Seperti yang terjadi pada seorang pria yang mengalami cegukan selama lima hari. Belakangan dia mengetahui bahwa penyebab cegukannya selama ini adalah tumor di leher.

Pria 35 tahun tersebut sempat mendatangi rumah sakit untuk mengobati cegukannya. Di kunjungan kedua, dia hanya diberikan obat dan diperbolehkan pulang. Namun, setelah kembali untuk kali ketiga, pria tersebut diberitahu bahwa cegukan yang ia derita ternyata disebabkan oleh tumor berukuran besar di lehernya.
Ini Bahaya Tersembunyi Cegukan

Tumor tersebut disebut haemangioblastoma, tumor jinak yang menekan akar saraf tulang belakang, dan terkadang bisa melumpuhkan.
Lima Senjata Jitu untuk Hentikan Cegukan

Seorang internis di Long Island Jewish Medical Center yang merawat pasien tersebut, Dr Mark Goldin mengatakan, "Pada umumnya cegukan bukan hal serius, namun jika berlangsung lebih dari 48 jam, orang harus mulai khawatir."

Dia juga mengatakan bahwa saat mengalami cegukan lebih dari 48 jam, seseorang harus segera mendapat penanganan khusus, karena pasti ada sesuatu masalah yang membuat cegukan berlangsung selama itu.

Sebagai contoh, pasiennya yang mengalami cegukan hingga lima hari tadi. Dia mulai mengalami mati rasa dan kesemutan di lengan kirinya. Kakinya pun terasa lemah. Ia juga mengalami masalah saat mengunyah, juga masalah terkait keseimbangan tubuh.

Meski tergolong tumor jinak, namun jika dibiarkan akan tumbuh dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

"Jika dibiarkan terus tumbuh, tumor ini akan menekan seluruh akar saraf di saraf tulang belakang, dan dia akan benar-benar lumpuh," kata Goldin.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya