Asupan Sehat Agar Tulang Kuat

Ilustrasi susu
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Kondisi tulang lemah dan rapuh disebut sebagai osteoporosis. Tulang bekerja memberikan dukungan untuk otot dan melindungi organ-organ di dalam tubuh. 

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
Tulang yang kuat dapat melindungi dari osteoporosis. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada masa bayi, masa anak-anak, dan remaja. Kalsium adalah mineral yang memperkuat tuoang dan gigi.
 
Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Vitamin D di sisi lain membantu untuk menyerap kalsium sehingga meningkatkan kesehatan tulang. Berikut makanan yang dapat mencegah opsteoporosis, seperti dilansir laman Boldsky.
 
Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh
Yoghurt
 
Yoghurt merupakan sumber yang kaya akan vitamin D. Satu cangkir yoghurt sehari berkontribusi terhadap kebutuhan harian kalsium dan menguatkan tulang Anda. Bila dikonsumsi secara teratur, yoghurt dapat mencegah osteoporosis.
 
Susu
 
Susu adalah sumber kalsium terbaik. Mengonsumsi susu secara teratur mengurangi risiko kepadatan tulang yang rendah, sehingga dapat mencegah osteoporosis.  
 
Almond
 
Mengonsumsi setengah cangkir almond sehari menambahkan sekitar 18 persen dari kebutuhan kalsium per hari. Almond tidak hanya memperkuat tulang, tetapi juga membantu dalam penurunan berat badan dan menjaga kesehatan jantung.
 
Brokoli
 
Brokoli adalah makanan super yang tinggi akan vitamin K dan kalsium. Dengan demikian, hal ini sangat bagus untuk kesehatan tulang. menambahkan brokoli dalam asupan sehari-hari dapat mencegah osteoporosis dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
 
Jus jeruk
 
Minum jus jeruk pada pagi hari adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda. Jus jeruk kaya akan vitamin C. Selain itu, mengandung kalsium mineral untuk menguatkan tulang dan membantu perkembangan tulang. Jeruk menyediakan sekitar 6 persen dari kebutuhan harian kelsium per hari. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya