Cara Mengatasi Penyakit Maag Sebelum ke Dokter

Ilustrasi sistem pencernaan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Penyakit maag memang sangat dikhawatirkan berbagai orang. Apalagi, ketika penyakit tersebut datang secara tiba-tiba dan membuat perut sakit hingga tidak tertahankan.

Tips Redakan Asam Lambung untuk Lansia
Bila hal tersebut terjadi pada Anda, ada cara mudah sebelum ke dokter untuk memeriksanya. Menurut dr Nina Amelia Gunawan dari Meetdoctor, penanganan pertama pada penderita maag akut dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat golongan antasida yang dijual bebas di pasaran.
 
Bahaya Maag Kronis yang Bisa Picu Tukak Lambung
Namun, apabila dengan pemberian obat tersebut tidak juga dijumpai perubahan, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter terdekat. 
 
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Selain itu, bagi penderita gangguan asam lambung, sangat disarankan untuk menerapkan pola makan small frequent feeding (porsi makan sering dan terbagi) serta menghindari konsumsi makanan/minuman yang bersifat asam, pedas, serta berpotensi memicu peningkatan produksi asam lambung (misal: kafein, alkohol).
 
Pastikan Anda memiliki waktu makan yang teratur serta kelola stres, misalnya dengan melakukan aktivitas hobi, olahraga, serta istirahat cukup. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya