Inovasi Daun Sirih untuk Antiseptik Miss V

Daun sirih.
Sumber :
  • Dok Wikipedia

VIVA.co.id - Secara alamiah, setiap organ wanita terdapat bakteri baik yang berfungsi untuk mengusir kuman berlebih. Tak jarang banyak wanita menggunakan sabun antiseptik alami guna merawat organ intim mereka.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Salah satu antiseptik itu adalah daun sirih, yang sudah sejak ratusan tahun lalu menjadi bahan alami digunakan wanita Indonesia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan. Bahkan, karena manfaatnya ini, khasiat daun sirih dijadikan berbagai inovasi sesuai kebutuhan wanita yang memiliki aktivitas sehari-hari.
 
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Daun sirih kini tidak hanya dijadikan sabun pembersih saja, tetapi juga dapat dijadikan pembalut wanita yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri saat menstruasi. Sebab saat masa menstruasi tersebut, bakteri tumbuh dengan cepat di area kewanitaan dan dapat menimbulkan bau, gatal, atau iritasi kulit lainnya.
 
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Untuk itu, selain disarankan memilih pembalut yang tepat, menjaga kebersihannya pun juga perlu diperhatikan. Para wanita dapat menggantinya secara rutin saat menstruasi.
 
"Untuk menjaga kesehatan vagina, wanita setidaknya sadar dan memahami pentingnya mengganti pembalut sesering mungkin, terutama saat menstruasi. Karena darah haid yang keluar bisa menjadi media tumbuhnya kuman,” ujar dr. Boy Abidin, Sp.OG kepada VIVA.co.id saat acara Diskusi Pembalut Alami Softex Daun Sirih, Selasa, 1 Maret 2016.
 
Lebih lanjut ia menambahkan bahwa wanita membutuhkan bahan dari alam yang dipercaya memberikan manfaat terbaik bagi tubuh.
 
Daun sirih mengandung antiseptik yang berasal dari turunan zat bernama Fenol yang disebut Kavikol yang memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat dari antiseptik pada fenol biasa. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya