Wajib Tahu, Enam Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C

Buah kaya vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Vitamin C adalah salah satu vitamin penting yang harus Anda konsumsi secara rutin setiap harinya. Vitamin ini dibutuhkan untuk pertumbuhan sel yang baik, fungsi sirkulasi darah yang sehat, perbaikan jaringan tisu, penyembuhan luka, produksi kolagen dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Tiga Fakta tentang Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan yang mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh. Asupan vitamin C yang disarankan adalah sekitar 75 gram untuk wanita dan 90 gram untuk pria per hari.
 
Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 
Asupan harian vitamin C yang kurang dari jumlah yang direkomendasikan, dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin C. Hal ini dapat diobati dengan makanan alami dan suplemen makanan. 
 
5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali
Beberapa gejala kekurangan vitamin C antara lain adalah kelelahan, pembengkakan gusi, nyeri sendi, penyembuhan luka yang lamban, gusi berdarah, perubahan tekstur rambut serta kulit dan masih banyak lagi.
 
Ada pula berbagai penyakit yang berkaitan dengan kekurangan vitamin C. Berikut ini adalah diantaranya, seperti dilansir dari laman Boldsky.
 
Asma
 
Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan gangguan pernapasan yaitu asma. Untuk itu, konsumsi buah-buahan citrus sehari-hari agar terhindar dari penyakit kronis asma.
 
Sistem kekebalan tubuh yang lemah
 
Vitamin C menguatkan fungsi sel-sel di dalam sistem kekebalan tubuh Anda, seperti neutrofil, limfosit dan fagosit. Neutrofil membantu menangkal serangan dari mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Vitamin C juga membantu meningkatkan jumlah zat antibodi yang bersikulasi di aliran darah.
 
Penyakit kardiovaskular
 
Kurang asupan vitamin C akan membuat Anda berisiko mengidap penyakit kaardiovaskular, mulai dari pembuluh darah yang bocor, pembuluh darah yang lemah dan menurunkan fungsi jantung. 
 
Anemia
 
Jenis vitamin C satu ini sangat penting untuk penyerapan zat besi yang dibutuhkan hemoglobin dan produksi sel darah merah. kekurangan zat besi mengakibatkan anemia. Perlu diketahui bahwa kurangnya asupan vitamin C akan menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.
 
Sariawan
 
Sariawan dan gusi berdarah terjadi ketika tubuh kekurangan asupan vitamin C. Anda bisa mencegah dan mengobatinya dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, seperti stroberi, tomat, buah citrus dan sayuran hijau.
 
Kanker
 
Vitamin C adalah antioksidan yang menghancurkan radikal bebas yang membahayakan sel-sel di tubuh. Kekurangan vitamin C akan memicu kanker. Vitamin juga ditemukan sangat efektif untuk menangani kanker yang berkaitan dengan kulit, serviks dan payudara.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya