Manfaat Konsumsi Air Mentimun untuk Kesehatan

Mentimun.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Mentimun biasa digunakan sebagai pelengkap dalam lalapan. Kalaupun ada sebagai minuman, pasti sudah dicampur dengan berbagai macam sayur dan buah lainnya.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Menambahkan mentimun dalam menu diet, akan memberi banyak keuntungan bagi tubuh. Dan ternyata, sayuran hijau ini akan jauh lebih bermanfaat saat ditambahkan ke dalam air. 
 
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Berikut ini beberapa manfaat minum air mentimun bagi kesehatan, yang dilansir dari Boldsky.
 
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Menjaga tubuh terhidrasi
 
Minum air mentimun saat siang bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Hal ini penting untuk menjaga suhu tubuh, membantu sistem kardiovaskuler, juga sekaligus membersihkan racun.
 
Tambahan vitamin
 
Menambahkan potongan mentimun pada segelas air akan menambah banyak vitamin A dan C serta bahan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh.
 
Menjaga tekanan darah
 
Minum air mentimun bisa membantu tekanan darah, hal ini karena adanya kandungan 4 persen DV (daily value) potassium di dalam mentimun.
 
Mengenyangkan
 
Mentimun mengandung nol kalori, sehingga konsumsi sayuran ini adalah cara terbaik untuk kenyang tanpa perlu khawatir kalori tinggi. Sedangkan air mentimun sendiri bisa mengenyangkan perut, dan mencegah dari keinginan mengkonsumsi makanan ringan yang tinggi kalori.
 
Memberi makan kulit
 
Dengan menambahkan mentimun, akan membuat kulit tampak lebih baik dan mulus, serta manfaat lebih lainnya karena kandungan silika dalam mentimun.
 
Melawan kanker
Air dengan mentimun di dalamnya mengandung banyak vitamin, mineral, juga mengandung cucurbitacins yang mampu melawan  kanker.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya