Rahasia Tetap Bahagia di Usia Senja

Ilustrasi wanita lanjut usia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Penelitian terbaru mengungkap bahwa aktivitas sosial ternyata berpengaruh pada kehidupan seseorang di usia senja. Dalam studi yang dipublikasikan oleh American Psychological Association baru-baru ini, aktif dalam kegiatan sosial dapat mendorong fungsi fisik dan mental seseorang.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Seperti dilansir laman Huffington Post, para peneliti menggunakan data lebih dari 2.900 orang yang telah meninggal.  Data merupakan survei nasional yang representatif dari tahun 1984 hingga 2013.  Adapun informasi yang dipergunakan untuk penelitian antara lain indikator pekerjaan, pendapatan, kesehatan, dan kepuasan.

Uniknya, keluarga tidak masuk dalam hitungan. "Kehidupan keluarga tidak hanya sumber sukacita, tapi juga khawatir, ketegangan, stres, dan kesedihan," kata pemimpin penulis studi Dr Denis Gerstorf dari Humboldt University.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Hasilnya, kegiatan sosial berkontribusi dalam kesejahteraan seseorang di usia senja. Selain itu aktif bersama teman juga bisa memupuk rasa percaya diri. Hal ini mengingatkan agar seseorang tetap menjaga hubungan baik dengan teman-teman mereka seiring bertambahnya usia.

Sanne Sevig

Wanita Ini Menepi di Filipina Setelah Jual Semua Hartanya

Di Filipina, ia mencoba hal baru yang sebelumnya tidak pernah dicoba.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016