Manfaat Berjalan Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Ketika wanita memasuki masa kehamilan, seorang wanita harus berhati-hati dan sehat secara mental, serta fisik. Hal ini, karena dalam rangka untuk menjaga diri, agar tetap sehat secara fisik. Salah satunya adalah Anda akan disarankan oleh dokter untuk berbagai perubahan dalam pola makan.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Sedangkan untuk menjaga kesehatan secara fisik lainnya, dokter akan menyarankan untuk beberapa latihan mudah, di antaranya adalah berjalan yang paling ringan. Berjalan sederhana seperti di taman, salah satunya dapat mengurangi tingkat stres Anda.
 
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Berikut beberapa manfaat berjalan bagi ibu hamil, seperti dilansir laman Boldsky :
 
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Meredakan stres
 
Selama kehamilan, wanita akan mengalami perubahan suasana hati. Satu saat Anda akan merasa gembira, dan dalam waktu singkat suasana hati bisa berubah menjadi sangat tertekan. 
 
Berjalan merupakan bentuk latihan yang membantu untuk melepaskan endorfin dalam tubuh Anda. Endorfin adalah zat kimia yang akan membuat Anda merasa baik. 
 
Melancarkan pencernaan
 
Salah satu dari berbagai manfaat berjalan ketika hamil adalah mengurangi sembelit Anda. Jika Anda menjaga tubuh tetap aktif selama kehamilan, Anda akan membuat pencernaan menjadi lancar. Berjalan 15-20 menit setiap hari, dapat membantu Anda mendapatkan usus yang sehat.
 
Mengurangi tekanan darah
 
Biasanya, tekanan darah Anda meningkat selama kehamilan. Namun, berjalan setiap hari dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah Anda. Ini adalah salah satu manfaat terbaik dari berjalan selama kehamilan.
 
Meningkatkan kemungkinan lahir normal
 
Berjalan meningkatkan fleksibilitas Anda dan otot-otot pinggul yang bisa membuat kelahiran menjadi lebih mudah, cepat, dan tanpa rasa sakit. 
 
Menjaga berat badan
 
Berjalan membantu dalam menjaga berat badan Anda di bawah kontrol dan ini secara otomatis membantu untuk mengontrol berat badan bayi Anda juga. Berat badan bayi berlebih dapat mengakibatkan komplikasi untuk persalinan normal. Dengan demikian, berjalan membantu bayi Anda untuk mencapai berat badan yang sehat pada saat kelahiran. (asp)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya