Minuman yang Menyebabkan Anemia

coffee
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Anemia menjadi masalah kesehatan masyarakat akibat gaya hidup masa kini yang dinamis. Sehingga, para pekerja wanita dan pria kurang memperhatikan pola makan dan kesehatan.

Mengenal Delapan Gangguan Darah
Lantas, bagaimana asupan gizi yang baik, agar terhindar dari anemia?
 
Cegah Anemia, Remaja Kini Butuh Tablet Penambah Darah
"Ada faktor penghambat seperti tannin yang berasal dari teh hitam, kopi. Karena tannin mengikat besi dan merusak struktur protein, dan kandungan fitat mengikat, serta menghambat penyerapan zat besi," kata DR. dr. Yustina Anie Indriastuti, MSC, SpGK, Wakil Ketua PP-PDGMI di Hotel JS. Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu 16 Maret 2016.
 
Yang Wajib Diketahui Sebelum Hamil
Untuk meningkatkan penyerapan gizi dapat mengonsumsi vitamin C dan makanan seperti daging, serta sayuran. Selain itu, penderita anemia dapat mengonsumi tablet penambah darah.
 
"Ini merupakan suplemen yang berisi zat besi dan asam folat yang berfungsi untuk membantu membentuk hemoglobin darah. Tablet penambah darah dapat dikonsumsi oleh wanita usia subur dan ibu hamil dan nifas," tutur dr Anie, begitu sapaannya.
 
Bagi yang ingin mengonsumi tablet penambah darah tentunya ada aturan main. Untuk wanita usia subur, konsumsi satu tablet tiap minggu dan ibu hamil serta nifas satu tablet setiap hari. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya