Paracetamol Bukan Solusi Efektif Mengatasi Nyeri Sendi

Ilustrasi sendi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa parasetamol tidak memberikan efek yang besar dalam mengatasi rasa sakit pada lutut dan pinggul yang disebabkan oleh arthritis.

Ini Jus Obat Asam Urat dan Ringankan Nyeri Sendi
Para peneliti mengungkapkan bahwa setinggi apa pun dosisnya, parasetamol bukan solusi efektif untuk mengatasi osteoarthritis. Pengaruhnya hanya berkisar 10 persen untuk pria dan 18 untuk wanita di seluruh dunia.
 
Lindungi Sendi Anda dengan Enam Cara Ini
Selama ini penawar rasa sakit telah menjadi solusi utama untuk masalah persendian. Walaupun obat yang lebih keras dianggap lebih efektif, tetapi parasetamol dianggap memiliki lebih sedikit efek samping 
 
Obati Nyeri Sendi dengan Minyak Ini
Meskipun begitu, dari penelitian yang sudah berkembang ditemukan bahwa parasetamol tidak memberikan pengaruh yang besar dalam mengatasi masalah persendian dan tetap memiliki efek samping jika dikonsumsi terus menerus dengan dosis yang tinggi.
 
NICE – NHS clinical guidelines watchdog – pada 2013 lalu menyarankan para dokter untuk berhenti memberikan obat osteoarthritis yang dikonsumsi jangka panjang karena akan memberikan dampak bagi jantung, ginjal, dan usus.
 
Beberapa ahli lain berpendapat bahwa penawar rasa sakit juga tidak aman dikonsumsi - Arthritis Research UK menganjurkan penggunaan parasetamol untuk penyakit kategori ringan hingga sedang.
 
Dilansir laman Daily Mail, Osteoarthritis adalah penyebab utama yang menyebabkan rasa nyeri bagi para lansia dan lebih sering dialami oleh wanita.
 
Penelitian terbaru yang dimuat di Lancet Medical Journal menemukan bahwa parasetamol tidak mencapai standar minimum keeektivan dalam menghilangkan rasa sakit atau meningkatkan fungsi fisik pasien yang mengidap osteoarthritis bagian lutut dan pinggul.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya