Ilmuwan Ungkap Alasan Mata Terpejam saat Ciuman

Ilustrasi pasangan bercinta
Sumber :
  • Hdwallpapers

VIVA.co.id - Hal yang pertama kali dilakukan saat berciuman adalah memejamkan mata. Baik dalam drama, film, hingga kejadian nyata. Untuk melihatnya saja mampu memberi kesan romantis, dan mesra pada orang yang sedang berciuman.

10 Skandal Seks yang Libatkan Tokoh Terkenal Dunia
Secara ilmiah, ternyata ada alasan di balik tindakan memejamkan mata saat berciuman tersebut. Alasan sebenarnya adalah karena otak tidak bisa mengatasi dua atau lebih kejadian secara bersamaan.
 
Seberapa Sering Anda Seharusnya Bercinta dengan Pasangan?
"Kesadaran taktil (sentuhan atau rabaan) bergantung pada tingkat beban persepsi dalam tugas visual yang bersamaan," ujar psikolog dari Royal Holloway, University of London, Dalton dan Sandra Murphy, seperti dilansir Daily Mail.
 
Tiga Ciuman Ajaib Ini Bikin Wanita 'Meleleh'
Para ahli tersebut menemukan, pandangan visual melebihi respons sentuhan. Artinya orang akan berjuang untuk melanjutkan ciuman jika apa yang mereka lihat menjadi semakin sulit untuk diproses.
 
"Jika kita fokus berlebihan pada tugas visual, ini akan mengurangi kepekaan kita pada rangsangan lainnya," kata Dr Dalton.
 
Dalton menambahkan bahwa hal tersebut penting untuk disadari, karena menyiagakan pendengaran dan taktil juga sering digunakan dalam keadaan yang membutuhkan penglihatan tinggi, seperti mengendarai mobil atau menerbangkan pesawat terbang.
 
"Hasil ini menjelaskan alasan mengapa mata kita terpejam saat kita ingin perhatian terfokus pada perasaan lain."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya