Studi: Wanita Punya Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat

Ilustrasi penderita sinus
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Para ilmuwan menemukan bahwa wanita benar-benar memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan pria. Tubuh pria tidak dapat mengatasi berbagai penyakit dibandingkan wanita.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Menurut peneliti dari University of Pennsylvania, kaum hawa memiliki pertahanan yang kuat melawan bakteri dan virus. Mereka mengatakan, sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat pada wanita memicu bahagia sehingga menyebabkan auto-imun.
 
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Alasan wanita memiliki sistem kekebalan tubuh lebih kuat terletak pada gen mereka atau kromosom, dengan gen sebanyak 2.000 kelompok. Setiap manusia memiliki 23 pasang kromosom. Jenis kelamin ditentukan oleh dua gen pada wanita, dua kromosom X dan pada pria satu kromosom X satu kromosom Y.
 
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Hal ini berarti dua kali lipat kromosom X yang merupakan kunci untuk kekuatan ekstra dalam sistem kekebalan tubuh, karena kromosom X mengandung gen yang berkaitan dengan kekebalan.
 
Dilansir laman Daily Mail, para peneliti menemukan bahwa pada wanita, kromosom X memiliki efek lebih besar mengaktifkan sistem kekebalan tubuh T dan B limfosit atau sel pembunuh yang melawan infeksi.
 
Para peneliti yang menulis dalam Proceedings of the National Academy of Science State, mengemukakan bahwa studi klinis telah menunjukkan perempuan memiliki sistem kekebalan hiper-responsif dibandingkan pria. Peneliti juga mengatakan bahwa karena tambahan kromosom X mereka, wanita memproduksi lebih banyak antibodi. 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya