Ketahui Kandungan Nutrisi Tersembunyi Biji Alpukat

Alpukat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Buah alpukat dengan daging yang lembut seringkali dijadikan kudapan lezat sebagai tambahan salad, sandwich bahkan camilan lezat lainnya yang bisa dibuat di rumah. Kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, alpukat dikemas dengan nutrisi yang mengandung hampir 20 vitamin serta mineral penting.

Selain bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung, alpukat juga diyakini bisa mencegah osteoporosis, menghalau berbagai bentuk kanker serta sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang menjalani program diet.

Namun tahukah Anda, selain daging buah alpukat yang mengandung nutrisi, bijinya juga menyimpan banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mulai dari sekarang, setelah mengiris alpukat, jangan buang bijinya. Anda salah jika berasumsi, biji alpukat tidak memiliki nilai gizi. Dilansir Daily Mail, sebuah video menunjukkan dan mengklaim biji alpukat sebenarnya adalah bagian yang paling padat akan nutrisi daripada daging buahnya.

Ahli gizi asal New York City, Amy Shapiro, mengatakan bahwa biji alpukat memang dikemas dengan penuh antioksidan dan serat. Dia menjelaskan bahwa biji alpukat dapat dicampur ke dalam bubuk susu, dan ditambahkan ke dalam gelas smoothies atau yoghurt untuk gizi tambahan.

"Sesuatu yang sering kita buang, siapa sangka memiliki kandungan nutrisi yang baik. Mengonsumsi biji alpukat dapat meningkatkan kesehatan seseorang," katanya.

"Sekitar 70 persen dari antioksidan berasal dari biji alpukat," tambahnya lagi.

Antioksidan diyakini mampu melawan radikal bebas-- yang berarti  dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Dan, antioksidan bahkan dapat membantu mencegah kerutan berkembang di sekitar kulit.

Selain mengandung antioksidan, biji alpukat juga penuh serat. "Serat yang benar-benar sehat untuk bakteri sehat dalam usus Anda agar bisa berkembang dan tetap hidup - itu jenis prebiotik," kata Shapiro lagi.

Jika tertarik untuk mengonsumsi biji alpukat, akan lebih baik diolah terlebih dahulu. Caranya mudah, ambil biji alpukat, cuci bersih lalu panggang dalam oven bersuhu 120 derajat celsius hingga biji alpukat mengering. Setelah itu, kupas kulitnya, belah jadi dua, dan iris dadu, lalu diblender hingga menjadi bubuk.

Perlu diketahui, karena biji alpukat ini mengandung tinggi serat bisa membantu orang merasa kenyang lebih lama dan dapat menyebabkan penurunan kalori. Dengan demikian, kadar serat pada biji alpukat dapat membantu dalam penurunan berat badan. Serat juga membantu pencernaan dan memperlancar buang air besar.

Tetapi meskipun bermanfaat untuk kesehatan, biji alpukat jika dicicipi rasanya pahit. Itu sebabnya, Saphiro menjelaskan, biji alpukat sebaiknya dicampur dengan smoothies atau yoghurt agar rasanya lebih enak.

"Ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari lemak untuk jantung sehat."
 

11 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih dan Susu
Cheese Burger on an Avocado Bun

Kreasi Burger Alpukat, Jadi Tren Menu Unik

Cara membuat burger alpukat ini juga cukup mudah.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016