Menakar Jumlah Kebutuhan Cairan untuk Tubuh

Air putih.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Cuaca panas, banyak melakukan aktivitas, termasuk olahraga, mudah membuat orang merasa haus. Rasa haus tersebut merupakan cara tubuh menyampaikan pesan bahwa tubuh mengalami dehidrasi.

Lima Cairan Wajib Diperiksa Sebelum Mobil Diajak Berlibur
Menurut Direktur Micronutrient Initiative Dr Elvina Karyadi, kebutuhan tubuh seseorang akan air berbeda satu dengan yang lainnya. 
 
6 Cairan Paling Mahal di Dunia
"Perbedaan tersebut tergantung pada usia dan komposisi lemak tubuh. Bayi membutuhkan setidaknya 75 hingga 85 persen dari berat badannya, lansia 50 persen dari berat badan, laki-laki 65 persen, wanita 55 persen, dan orang obesitas 45 hingga 55 persen," ujar Dr Elvina Karyadi, dalam acara Kenali Manfaat Tujuh Ion Untuk Sehari-hari, di Penang Bistro, Jakarta Pusat, 29 Maret 2016.
 
Empat Cairan Pengganti saat Bosan Minum Air Putih
Meski berada di ruangan berpenyejuk udara, dan tidak mengeluarkan keringat, namun kondisi kulit yang kering juga menjadi tanda tubuh mengalami dehidrasi. Karena itulah orang merasa haus meski tidak mengeluarkan keringat ataupun tidak banyak melakukan aktivitas.
 
Untuk itu, usahakan selalu menyeimbangkan cairan yang ke luar dengan yang masuk. setiap hari tubuh mengeluarkan sekitar 1.800 mililiter per hari, karena itu tubuh perlu mendapat cairan sekitar 2.000 hingga 2.800 mililiter per hari.
 
Derajat dehidrasi juga ada beberapa tahap. Yaitu kategori ringan, dimana dehidrasi kurang dari lima persen berat badan, kategori sedang lima hingga 10 persen berat badan, dan kategori berat lebih dari 10 persen berat badan.
 
Dehidrasi ringan masih bisa diatasi dengan minum air putih atau oral. Jika tidak bisa melalui oral, bisa dilakukan melalui infus. Hal penting lainnya saat ingin mengatasi dehidrasi adalah mengatasi penyebabnya, apakah karena diare atau muntaber.
 
"Keberhasilan rehidrasi dinilai dengan jumlah produksi urine. Selama belum buang air kecil, itu berarti dehidrasi masih terjadi."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya