Olahraga Bisa Bikin Kinerja Otak 10 Tahun Lebih Muda

Jogging Pagi Hari
Sumber :
VIVA.co.id
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
- Kita tahu bahwa berolahraga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya, baik untuk menjaga kesehatan tulang, jantung yang sehat, juga baik untuk menjaga suasana hati agar tetap bahagia.

Studi: Orang Pintar Cenderung Lebih Malas

Sebuah penelitian terbaru dari University of Miami, AS, bahkan menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat kinerja otak meningkat 10 tahun lebih muda dari umur sebenarnya.
Olahraga yang Baik untuk Dapatkan Jantung Sehat


Dilansir
Marie Claire,
berolahraga dapat mempertajam pikiran, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kemampuan kognitif ketika memasuki usia lanjut.


Penelitian ini dilakukan selama lima tahun terhadap 876 partisipan berusia 70 tahun ke atas. Mereka menjalankan serangkaian tes dan scan MRI untuk melihat kesehatan otak mereka. Kemudian mereka diminta menjelaskan secara rinci mengenai aktivitas olahraga yang dilakukan.


Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka yang jarang berolahraga memiliki kinerja otak 10 tahun lebih tua dibandingkan yang rajin berolahraga.Selain itu, daya ingat mereka sangat rendah, tekanan darah tinggi dan bahkan secara tidak sadar mengidap stroke.


Para peneliti masih belum menemukan seberapa banyak olahraga yang idealnya dilakukan oleh manusia setiap hari agar tetap sehat. Namun, lebih baik untuk 'bergerak' daripada tidak sama sekali. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya