Konsumsi Apel Setiap Hari Pangkas Risiko Kematian 35 Persen?

Wanita makan buah apel.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Buah apel telah lama dikenal memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Kini, para peneliti berhasil menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 100 gram apel atau setara dengan satu apel kecil sehari bisa memangkas risiko kematian hingga 35 persen.

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Seperti dilansir laman Daily Mail, para peneliti dari University of Western Australia melakukan studi ini dengan melibatkan sekelompok pensiunan berusia 70-85 tahun sebagai partisipan. Mereka memantau para pensiunan tersebut selama 15 tahun.

Sebanyak 1.456 partisipan diminta menjawab kuesioner mengenai frekuensi makanan. Hasil dari kuesioner ini digunakan para peneliti untuk memahami bagaimana apel memengaruhi kematian.

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa sejumlah varietas dari buah yang berbeda memberikan manfaat kesehatan bila dikonsumsi setiap hari. Jonathan Hodgson dari School of Medicine and Pharmacology University of Western Australia menjelaskan, buah-buah ini mengandung serat tinggi dan flavonoid pada bagian kulit.

Seperti diketahui flavonoid adalah senyawa tanaman yang ditemukan pada buah dan sayuran, termasuk apel, berry, pir, stroberi, dan lobak. Senyawa ini telah lama diyakini memberikan efek antioksidan dan membantu mencegah kerusakan sel.

Jawaban Rasul Saat Diberi Pilihan Kekayaan atau Kematian

"Apel adalah satu di antara kontributor paling terbaik untuk total asupan flavonoid," kata Hodgson.

Peneliti sebelumnya telah berhasil menemukan bahwa asupan flavonoid dari kulit apel meningkatkan relaksasi arteri. 

"Sekarang kami memperlihatkan bahwa asupan apel yang lebih tinggi terkait dengan penurunan risiko seluruh penyebab kematian dan kematian akibat kanker pada wanita tua," ucapnya.

Para peneliti tertarik meneliti apel karena buah tersebut dianggap populer dan buah yang paling banyak disantap. Sementara itu, Hodgson menuturkan bahwa khasiat pada apel ini bisa ditemukan pula pada buah lain.

Adapun serat tinggi yang terkandung pada apel telah lama dikaitkan dengan penurunan kolesterol dan tekanan darah serta mengurangi risiko kanker. Apel juga mengandung magnesium, potassium, serta vitamin C.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya