Lima Kebiasaan yang Memperburuk Gigi Sensitif

Ilustrasi gigi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Masalah gigi sensitif adalah Anda menjadi sulit untuk menikmati makanan favorit. Bahkan kenikmatan menyantap makanan bisa menjadi mimpi buruk yang menyakitkan.

Tips Mengatasi Gigi Sensitif
Orang dengan gigi sensitif biasanya akan menjerit nyeri begitu makanan masuk ke dalam mulut. Alasannya adalah lapisan pelindung gigi, yakni enamel rusak dan gigi cenderung menjadi sensitif.
 
Menderita Gara-gara Sikat Gigi Elektrik
Plak yang menumpuk dan terbiasa menyikat gigi dengan kasar juga bisa menjadi penyebab gigi sensitif. Ketidak plak menumpuk, asam tertentu yang diproduksi di mulut dapat menyebabkan iritasi. Itulah mengapa Anda wajib menyikat gigi minimal dua kali sehari untuk mengindari penumpukan plak.
 
Konsumsi Makanan Ini untuk Gigi Kuat dan Sehat
Jika Anda tak mau gigi sensitif Anda kian memburuk, hindari melakukan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir dari Boldsky
 
- Makanan atau minuman asam tertentu akan menyerang enamel gigi Anda. Untuk itu, hindari makanan dan minuman asam seperti acar, jus buah, red wine dan sebagainya, karena akan memperburuk gigi sensitif.
 
- Menggeretakkan gigi saat tidur adalah salah satu kebiasaan yang buruk yang mampu merusak enamel gigi. Jika terjadi terus menerus dalam waktu yang lama, gigi pun bisa semakin sensitif.
 
- Mulailah gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Meski ini tak akan secara instan menyelesaikan masalah Anda, namun pasta gigi khusus tersebut secara bertahap akan membuat sensitivitas gigi tak begitu kuat. Hal tersebut karena kandungan di dalam pasta gigi itu mampu menghalau tubulus di gigi dan mengurangi rasa nyeri.
 
- Hindari kafein, alkohol, rokok dan kebiasaan lain yang membahayakan kesehatan oral.
 
- Menyikat gigi terlalu keras juga dapat membuat gigi menjadi sensitif. Untuk itu, sikat gigi setidaknya dua selama dua menit menggunakan sikat gigi berbulu halus. Jangan lupa untuk tidak menyikatnya terlalu keras.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya