Cuaca Panas, Ini Cara Hadapi Radang Tenggorokan

Ilustrasi minum
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Beberapa hari ini cuaca di kota Jakarta sangat panas, lebih dari biasanya. Kondisi cuaca yang cepat berubah, tak dipungkiri seringkali mudah membuat seseorang terkena radang tenggorokan.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Meski penyakit ini biasa ditemui, dan mudah diatasi, tetap saja penting untuk mengetahui lebih lanjut apa saja yang memicu penyakit ini dan cara pencegahannya.
 
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
"Perbedaan suhu di dalam ruang dan di luar ruang, seringkali menjadi pemicu radang tenggorokan. Agar tidak lebih semakin ekstrim perbedaannya, sebaiknya tidak minum air dingin dalam kondisi seperti itu," jelas Dr. Marlinda Adham Sp.THT-Kl dari RSCM yang dihubungi VIVA.co.id melalui sambungan telepon, 5 April 2016.
 
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Sebenarnya untuk mencegah radang sangat mudah, obati saja gejalanya. Dan jika hanya berlangsung selama 1 hingga 2 hari sebaiknya dibiarkan saja.
 
"Misal radang terjadi 1 hingga 2 hari, minum yang banyak, kumur-kumur, kurangi minum dingin, apalagi sekarang banyak perokok pasif di kafe. Jangan dikira hanya perokok aktif saja yang bisa terkena, perokok pasif juga bisa terkena radang, kalau ada nyeri minum paracetamol."
 
Sebenarnya, radang bisa dicegah, asalkan orang tersebut mengenal betul kondisi dirinya. "Kalau lelah ya istirahat, jangan dipaksakan, makan yang baik, kan kita yang tahu bagaimana kondisi kita sendiri."
 
Saat ditanya mengenai obat yang biasa dikonsumsi untuk radang, seperti FG Troches, dokter Marlinda mengatakan bahwa obat tersebut juga mengandung vitamin C, jadi aman saja untuk dikonsumsi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya