Makanan Ampuh Tingkatkan Trombosit saat Terkena DBD

Nyamuk aedes aegypti
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Jasso

VIVA.co.id - Trombosit merupakan sel yang terdapat di dalam darah dan memiliki fungsi utama untuk membekukan darah saat terjadi cedera atau trauma. Ketika orang menderita Demam Berdarah Dengue (DBD), tingkat trombosit mereka turun secara signifikan dan jika tidak ditangani, kurangnya trombosit untuk mengentalkan darah mampu menyebabkan perdarahan internal dan eksternal yang parah.

Wajib Tahu, Hal-hal Seputar Trombosit
Nah, ada beberapa obat alami yang mampu membantu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Salah satu yang paling signifikan adalah angkak.
 
Kementerian PU dan KLH Diminta Turun Tangan Berantas DBD
Bagi Anda yang belum tahu, angkak adalah beras putih jenis tertentu yang difermentasi dengan sejenis ragi khusus selama beberapa hari hingga warnanya berubah menjadi merah. 
 
Cerita Jusuf Kalla Soal Walikota Gagal
Angkak menghasilkan lovastatin sebagai metabolit sekunder, yang dapat meningkatkan jumlah trombosit. Ini telah dibuktikan oleh studi yang dilakukan Universitas Airlangga, Surabaya dan Institut Pertanian Bogor. Kedua studi melakukan uji coba yang melibatkan tikus.
 
Cara menggunakan angkak untuk obat DBD adalah dengan menyeduh atau merebusnya dan mengonsumsi air rebusannya.
 
Daun jambu biji
 
Kedua studi tersebut juga menunjukkan bahwa daun jambu biji putih juga menjadi salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Itu karena kemampuan daun tersebut menginduksi trombosit sintetis.
 
Umumnya, daun jambu direbus untuk diambil airnya dan dikonsumsi sebagai obat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya