Penyebab Penyakit Infeksi Terus Meningkat

Ilustrasi nyamuk penyebar virus Zika.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Berdasar laporan Kementerian Kesehatan RI, dilaporkan adanya peningkatan kasus emerging infections disease (EID) atau disebut juga penyakit emerging. Seperti kasus Dengue yang meningkat tiga tahun terakhir. Selain itu, ada malaria, dan juga rabies.

Makan Makanan Manis dan Berlemak Tinggi, Wajib Waspadai Ini

"Malaria merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, baik di dunia maupun di Indonesia," kata Dr Rita Rogayah,SpP(K),(MARS), Direktur Utama RS Penyakit Infeksi Prof Dr.Sulianti Saroso (RSPI SS), dalam simposium Preventing Emerging Infections Disease: A Strategy for the 21th Century Overview, di Shangri La, Jakarta, 11 Mei 2016.

"Berdasar The World Malaria Report 2012, secara keseluruhan terdapat 3,3 miliar penduduk dunia tinggal di daerah berisiko atau endemis malaria, yang terdapat di 106 negara. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang masih terjadi transmisi malaria."

Sindroma Pasca-Covid, Gangguan Kesehatan setelah Sembuh dari Corona

"Sedangkan untuk rabies, hanya 9 provinsi yang bebas rabies, 5 di antaranya bebas historis, seperti Papua, Papua Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan NTB. Sedangkan 4 provinsi dibebaskan dari rabies, yaitu Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan DKI Jakarta."

Untuk TB sendiri, meski program pengendalian TB berhasil menurunkan insidens TB, Indonesia masih berada di peringkat dua dunia. Masih menurut Rita, ada berbagai faktor kenapa kasus penyakit emerging seperti diatas masih terus saja terjadi hampir setiap tahun. 

8 Gangguan Kesehatan Ini Bisa Diatasi dengan Es Batu

"Seperti TB misalnya, ini penyakit lama, datang lagi dan meningkat, karena beberapa faktor, seperti perubahan ekosistem, pola perilaku manusia, pola hewan liar, travelling dari benua ke benua, itu yang belum diketahui pasti penyebabnya."

Selain itu juga ada faktor perubahan demografis penduduk, urbanisasi, pertumbuhan ekonomi dan perubahan penggunaan lahan, global warming dan perubahan iklim yang menyebabkan perubahan penyebaran agent dan vector secara geografis, manipulasi ekologi, manipulasi biomedik, perusakan habitat hewan liar oleh  manusia.

Sebagai tambahan informasi, Infeksi sendiri ada beberapa kelas yaitu new emerging disease, yaitu penyakit infeksi yang baru, yang sebelumnya tidak ada, seperti flu burung, ebola, MERS CoV, Zika.

"Kemudian Re-emerging disease, yaitu penyakit dulu yang tidak bermasalah, tiba-tiba timbul lagi jadi masalah baru, misalnya TB MDR. Dan Emerging disease, yaitu memang sudah ada penyakitnya, tapi menjadi masalah saat jumlahnya meningkat, penyakit menjadi lebih hebat dan perlu diwaspadai, seperti malaria, dan demam berdarah."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya