8 Tips Mudah Cegah Ruam karena Popok Bayi

Ilustrasi bayi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menjadi seorang ibu, adalah kombinasi dari momen yang menyenangkan, serta tantangan dalam membesarkan anak. Ibu juga harus mengenal baik bayinya dan memenuhi kebutuhannya. 

Rentan Infeksi, Begini Cara Tepat Rawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang masih halus dan rentan terhadap komplikasi kesehatan dan penyakit. Untuk itu, seorang ibu harus mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kulit bayi menjadi ruam.

Berikut, tips mudah mencegah ruam karena popok bayi, seperti dilansir laman Boldsky:

Selain Ruam Popok, Infeksi Saluran Kemih Intai Bayi Jika Salah Gunakan Popok

Tips pertama

Pastikan Anda tidak memakaikan popok terlalu lama, walaupun tidak kotor. Mengganti popok secara berkala setiap beberapa jam, merupakan solusi agar kulit bayi tidak ruam.

Punya Anak Aktif Gerak, Begini Cara Asmirandah Atasi Ruam Popok Pada Bayi

Tips kedua

Biarkan bayi tanpa popok selama beberapa jam setiap hari. Hal ini, karena menutupi kulit mereka dengan popok sepanjang hari dapat menyebabkan ruam.

Tips ketiga

Pastikan produk-produk kesehatan perawatan bayi yang Anda gunakan adalah bebas kimia. Misalnya tisu bayi, bedak bayi, dan produk lainnya. 

Tips keempat

Ketika popok sudah penuh, jangan biarkan terlalu lama tidak diganti. Jika tidak diganti dengan cepat, kulit bayi dapat menjadi ruam.

Tips kelima

Usahakan untuk mandi dengan rutin, karena hal ini dapat menjaga kulit bayi tetap bersih, sehat, dan terhindar dari ruam.  

Selanjutnya, tips keenam...

Tips keenam

Setelah membersihkan, atau memandikan bayi, pastikan bahwa Anda mengeringkan kulitnya dengan lembut. Menggosok kulit dengan handuk terlalu keras dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menyebabkan ruam.

Tips ketujuh

Jika mengetahui bayi Anda rentan terhadap popok, gunakan salep, atau lotion yang diresepkan oleh dokter untuk memastikan bahwa ruam tidak terjadi lagi.

Tips delapan

Selain menggunakan popok, potongan kain katun yang bersih dapat membantu menyerap urin bayi. Hal ini, karena kain katun lebih aman daripada popok dan tentunya katun tidak mengiritasi kulit. 

Baca juga: 

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya