Bibir Biru, Waspada Penyakit Jantung Mengintai

Ilustrasi penyakit jantung.
Sumber :

VIVA.co.id – Penyakit jantung sudah cukup lama diketahui menduduki peringat teratas sebagai penyebab kematian di Indonesia. Namun jangan khawatir, penyakit ini bisa dicegah dan memiliki tanda-tanda yang bisa dideteksi sejak dini.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Salah satu tanda seseorang mengalami penyakit jantung juga bisa dilihat dari penampilan fisik seseorang. Terutama, bisa dilihat dari warna bibir.

Jika bibir seseorang menunjukkan warna biru, ini bisa jadi pertanda bahwa darah tak dialiri oksigen karena jantung tidak berfungsi dengan baik.

Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

Dilansir Daily Mail, seseorang dengan bibir yang memiliki semburat kebiruan atau garis kebiruan bisa jadi, dia mungkin menderita masalah jantung yang tidak terdiagnosis yang menyebabkan sirkulasi darah yang buruk.

Dr Adam Simon dari Manchester menjelaskan, karena kerja jantung tak maksimal, warna darah dari merah cerah berubah menjadi warna gelap, yang membuat warna kulit dan bibir tampak biru.

5 Kebiasaan Minum Sehat yang dapat Mencegah Diabetes, No 3 Paling Susah Dihindari

Tak hanya bisa dilihat dari bibir, wajah yang menimbulkan warna merah juga bisa menjadi tanda dari masalah jantung, karena katup di sisi kiri jantung tidak terbuka sepenuhnya.

Tak hanya itu, bibir biru yang terlihat pada bayi juga bisa diwaspadai sebagai tanda-tanda si kecil mengalami masalah jantung.

Tentu, anak dengan masalah kelainan jantung bisa dideteksi dengan mudah lewat perubahan warna biru pada tubuh anak. Ujung kuku, bibir, lidah berwarna biru, hemoglobin rendah, disertai rewel dan susah untuk menyusu pada bayi, hal ini perlu diwaspadai sebagai gejala sakit jantung pada anak.

Namun, bisa juga tanpa gejala kebiruan. Biasanya diketahui oleh dokter saat memeriksa denyut jantung anak-anak. Tanda-tanda yang lain bisa juga berupa sesak nafas, lekas lelah, keluhan sakit pada dada, dan sering pingsan.

Jika semua tanda-tanda sakit jantung ada pada Anda atau orang terdekat Anda, segera periksakan ke dokter agar dapat dipastikan apakah itu sakit jantung atau bukan. Dan nantinya dapat diberikan terapi jika memang ada tanda-tanda sakit jantung ada pada Anda.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya