Begini Cara Hitung Perut Buncit Termasuk Obesitas Sentral

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Obesitas sentral terjadi pada mereka yang memiliki berat berlebih di sekitar perut. Hal itu terjadi karena penumpukan lemak dan bisa berpengaruh pada kesehatan. Dalam jangka panjang, orang dengan obesitas sentral berisiko kanker hati.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

"Obesitas sentral itu, kalau obesitas kan di seluruh tubuh, nah ini hanya sekitar perut. Sel lemak bisa menutupi hati dan tahun-tahun berikutnya menimbulkan kanker hati," kata Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK(K) saat diwawancara di FX Plaza, Sudirman, Jakarta, Minggu, 5 Juni 2016.

Cara mengetahui seseorang terkena obesitas sentral juga tak sulit. Menurut Inge, untuk orang Indonesia cukup dengan menghitung ukuran celana dan dikalikan 2,5.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

"Nah, hasilnya, kalau perempuan itu kurang dari 80 dan lelaki kurang dari 90. Kalau lebih dari itu, ya enggak bagus," ujar Inge.

Penyebab obesitas bisa berbagai hal, salah satunya karena makan berlebih dan sedikit bergerak. Maka, penanggulangan dan cara mengobati tentu mudah, olahraga secara teratur dan menjaga pola makan.

Sama-sama Atasi Obesitas, Apa Perbedaan Operasi Bariatrik dan Balon Lambung?

"Lemak itu harus dibakar dengan adanya aktivitas, gampang kok. Cukup jalan, aerobik, renang, olahraga dengan mengatur napas yang baik," ujarnya.

Ilustrasi serangan jantung

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia, menyebabkan jutaan kematian setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024