Ibu, Ketahui Hal Berikut Agar ASI Melimpah

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id – Beberapa ibu yang sedang menyusui, seringkali mengalami beberapa kendala, salah satunya adalah produksi ASI kurang melimpah. Beberapa produk untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI bisa saja membantu.

Ibu Muda Jangan Panik, Ini 5 Cara Memperbanyak Produksi ASI

Dari semuanya, ternyata perasaan bahagia si ibu, serta seringnya menyusui langsung turut berpengaruh dalam produksi ASI. Sehingga, meski sedang menjalani puasa sekali pun, ibu tidak perlu takut produksi ASI tidak akan berkurang.

Hal tersebut,diungkapkan oleh Dr. Ameeta Drupadi, Konsultan laktasi, sekaligus pelopor Komunitas Pejuang ASI, yang ditemui dalam di acara pijat bayi massal di bilangan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Selasa 7 Juni 2016.

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

"Pertama, produksi ASI tidak akan berkurang, kalau ibu tetap menyusui langsung. Namun, untuk ibu bekerja kan tidak mungkin, karena harus meninggalkan bayinya. Jadi, yang bisa dilakukan adalah dengan diperah. Yang perlu diingat, adalah saat berada di rumah harus tetap disusui langsung,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, jika tidak diperah, payudara akan bengkak. Nah, hal ini yang membuat produksi ASI berkurang. Itulah sebabnya, saat jam menyusui, kalau sedang berada di kantor, ibu harus memerah.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Lebih lanjut, Ameeta menjelaskan, yang memperbanyak produksi ASI adalah isapan dari bayi. Semakin areola diisap, makin meningkat rangsangan hormon oksitoksin. Nah, oksitosin bekerja memacu pengeluaran ASI.

Kemudian, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi ibu.

"Makanan untuk ibu menyusui harus mencukupi kebutuhan sebelum puasa. Jadi, sebelum dan saat puasa harus sama. Kalau biasanya makan tiga kali sehari, saat puasa berarti atur makan juga menjadi tiga, yaitu sahur, buka, dan sebelum tidur,” ujar dia.

Makanan yang memperbanyak ASI, adalah makanan yang ibu suka

"Laktagog (makanan, minuman, atau jamu-jamuan khusus yang diyakini orang bisa meningkatkan suplai ASI) juga, tetapi yang terpenting untuk memperbanyak ASI adalah makanan yang ibu suka. Karena semakin ibu happy, semakin deras ASI,” katanya.

Ia menambahkan, tidak ada pantangan makanan bagi ibu menyusui. Jika ibu ingin makan gorengan, mi, atau makanan tidak sehat lainnya, hal itu tidak masalah. Yang terpenting, gizi seimbang terpenuhi dan makanan-makanan tadi sebaiknya ditambah sayur dan makanan sehat lain. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya