Hati-hati, Ini Risiko Anak yang Sering Pindah Rumah

Ilustrasi kekerasan seksual.
Sumber :
  • VIVAnews/Joseph Angkasa

VIVA.co.id – Anda sudah memiliki anak dan sering pindah rumah? Sebuah studi mengatakan bahwa risiko stres terbesar dimiliki oleh anak remaja awal adalah sering pindah rumah.

Viral Anak Remaja Borong Indomaret Sampai Habis

Dilansir dari Dailymail, Kamis 9 Juni 2016, seringnya berpindah rumah di berbagai wilayah diketahui sebagai sumber stres terbesar yang bisa dialami. Tidak hanya itu, pindah rumah secara reguler ternyata memberikan risiko besar pada anak dalam penggunaan obat-obatan, melakukan kriminalitas, dan meninggal di usia muda.

Risiko besar tersebut dilaporkan oleh American Journal of Preventive Medice. Studi ini juga memaparkan bahwa risiko besar tersebut kerap dialami oleh anak di usia remaja awal yang sering berpindah-pindah rumah di beberapa wilayah.

Lewat Buku, Remaja 16 Tahun Ajak Pembaca Berprestasi

Penelitian lain yang berasal dari Centre for Mental Health, University of Manchester, mencatat bahwa setiap pindah dari satu rumah di suatu wilayah ke wilayah lainnya, dapat meningkatkan risiko pada kesehatan fisik dan mental anak. Selain itu, berpindah rumah juga kerap menyebabkan anak lebih stres jika di waktu bersamaan kedua orangtuanya harus bercerai.

Data tersebut dianalisis dari 1,4 juta anak, di mana anak-anak tersebut mulai berpindah-pindah rumah sejak lahir hingga usia 14 tahun. Namun, saat usia 14 tahun anak-anak tersebut terdeteksi memiliki risiko tersebut.

Remaja Mulai Jaga Jarak dengan Orangtua, Ajak Ngobrol Ini

Menurut studi lain yang berasal dari Denmark mengungkapkan bahwa anak yang sering pindah rumah di bawah usia tujuh tahun, tidak berdampak besar dalam memiliki risiko tersebut.

Jadi, ada baiknya Anda sebagai orangtua yang sering mengajak si kecil pindah rumah di usia remaja, bisa lebih memerhatikan sosialisasi maupun kesehatannya baik secara fisik maupun mental sang anak.
 

Viral Seorang Ibu Ditendang dan Dipukul 2 Anak Remaja

Viral Seorang Ibu Ditendang dan Dipukul 2 Anak Remaja

Video seorang ibu berjilbab berdiri di depan pintu masuk Indomaret dipukul dan ditendang oleh dua anak remaja pria.

img_title
VIVA.co.id
27 Januari 2022