Tips Atasi Stres Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Memiliki bayi yang baru lahir, pastinya memberikan tanggung jawab dan tugas yang berat bagi seorang ibu. Jadi, tidak heran, jika banyak ibu merasa stres ketika memiliki bayi, baik itu anak pertama, atau kedua.

5 Cara Sederhana Atasi Stres saat Hamil

Kehadiran seorang bayi di rumah juga akan menyedot banyak perhatian, bisa menguras waktu, dan energi orangtua. Terlebih, bagi orangtua yang belum terbiasa dengan perubahan ini. Semua beban ini tidak jarang bisa berujung pada stres.

Bagi Anda yang baru saja melahirkan seorang bayi dan mulai terserang stres, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya seperti dikutip dari laman Boldsky.

Dalam Sejam, 2 Ibu dan 8 Bayi Meninggal Pasca Lahiran

Jangan ambil kegiatan yang menyita waktu

Selama tahun pertama pertumbuhan bayi Anda, cobalah untuk tidak membuat rencana apapun yang mungkin bisa menyita banyak waktu dan energi Anda. Misalnya, berganti pekerjaan, traveling, dan sebagainya yang dapat menambah stres Anda.

Cepat Langsing Pasca Melahirkan, Cuma Bayar Rp100 Ribu

Buat rencana

Buat perencanaan kasar, bagaimana Anda akan menjadwalkan pekerjaan dan aktivitas lainnya. Cara ini bisa menghemat waktu Anda dan menghilangkan kebingungan, serta stres.

Buat catatan

Buatlah catatan kapan waktu makan, tidur, dan mengganti popok buah hati Anda. Dengan begitu, pekerjaan Anda bisa jadi lebih teratur dan mengurangi kerepotan dalam merawat bayi.

Asisten rumah tangga

Memperkerjakan asisten rumah tangga, bisa menjadi pilihan untuk membantu Anda dalam menghemat waktu dan energi. Selain itu, Anda bisa lebih banyak memberikan waktu untuk bayi Anda, terutama di tahun pertamanya.

Luapkan stres

Ketika Anda tidak bisa kuat menghadapi stres dan tekanan dalam mengasuh bayi, Anda bisa melampiaskannya kepada pasangan, keluarga, atau teman Anda. Meluapkan stres dengan berbicara kepada keluarga dapat menjadi cara tepat melepaskan stres Anda.

Luangkan waktu

Cobalah meluangkan sedikit waktu untuk diri Anda, dengan berjalan kaki, berolahraga, atau meditasi, atau melakukan apapun yang membuat Anda bahagia. Meluangkan waktu berkualitas untuk diri Anda juga sama pentingnya dengan mengasuh bayi.

Minta bantuan keluarga

Mintalah waktu bergantian dengan pasangan, atau anggota keluarga yang lain untuk mengasuh buah hati. Melakukan semuanya seorang diri bisa mengakibatkan stres.

Laporan: Adinda Permatasari (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya