Alternatif Layanan Kesehatan Masyarakat Melalui Online

doctor
Sumber :
  • Pixabay/Darkostojanovic

VIVA.co.id – Biasanya, konsultasi atau mengunjungi dokter hanya dilakukan jika penyakit sudah dirasakan tubuh. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi, konsultasi kesehatan sudah bisa dilakukan secara online tanpa perlu keluar rumah.

Dokter Anak Ingatkan Kembali Soal Bahaya BPA

Cara ini sebenarnya sudah cukup populer di mancanegara dan Indonesia sudah mulai menerapkannya. Beberapa perusahaan start up juga sudah banyak yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara online. 

Salah satu tim dokter Konsula, dr. Irvan Reza mengatakan, masyarakat Indonesia seharusnya mulai mengubah pola pikirnya menjadi lebih waspada akan kesehatan dan rajin berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, konsultasi sebaiknya dilakukan saat kita sehat sehingga penanganan bisa dilakukan sedini mungkin. Lebih baik lagi jika, dibarengi dengan perubahan pola hidup yang lebih sehat.

Ternyata, Periksa Kandungan di Tempat Ini Tak Dipungut Biaya

“Jika kita jatuh sakit dan baru peduli akan kesehatan, maka biaya yang dikeluarkan untuk berobat akan menjadi lebih mahal,” imbuh dr. Irvan dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 16 Juni.

Dengan adanya inovasi teknologi konsultasi secara online ini, dr. Irvan berpendapat akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Selain itu, para dokter juga lebih mudah terhubung dengan masyarakat dan fleksibel dalam hal waktu.

Belasan Dokter Spesialis RSUD Mukomuko Mogok Kerja

Platform kesehatan Konsula menyediakan layanan konsultasi dokter melalui fitur “Chat with Doctors” dan “Request a Doctor’s Call" serta melayani pembuatan janji dengan dokter. 

Laporan: Adinda Permatasari

Ilustrasi dokter/rumah sakit.

IDI Sebut Resep Obat Melalui Telemedicine Bisa Berbahaya

Adib menilai telemedicine bisa membahayakan apabila sudah masuk dengan kategori pemberian resep obat. Sebab, pemberian resep obat harus sesuai riwayat kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
25 November 2021