Studi: Anak Obesitas Berisiko Kena Penyakit Liver

Ilustrasi organ tubuh.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah studi terbaru menyatakan, obesitas yang terjadi pada anak-anak dan remaja bisa meningkatkan risiko penyakit liver ketika mereka menginjak dewasa.

Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Para peneliti yang melakukan studi ini telah melakukan serangkaian tes pada beberapa subjek selama empat dekade, hingga menemukan kesimpulan ini. Ada lebih dari 45 ribu orang yang terlibat dalam penelitian ini.

Seperti dilansir laman Boldsky, studi tersebut menemukan bahwa anak laki-laki yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 25, memiliki risiko 65 persen lebih tinggi terkena penyakit liver saat menginjak usia tertentu dibanding anak-anak lainnya.

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Para peneliti mengatakan, peningkatan sedikit saja IMT akan meningkatkan risiko terkena penyakit tersebut. Penyebab meningkatnya risiko ini kemungkinan adalah kondisi obesitas yang cukup lama. Jika seseorang sudah mengalami obesitas sejak kecil, jangka waktu obesitas pun cenderung lebih lama.

Selain itu, obesitas juga bisa menyebabkan penyakit liver berlemak non alkohol. Para peneliti mengatakan, risikonya mulai terjadi dari obesitas sejak kecil dan karenanya masalah obesitas harus ditangani sejak kecil dengan mengambil langkah-langkah yang tepat.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Jadi, penting bagi orangtua mengajarkan pada anak-anak pentingnya kebiasaan makan makanan sehat dan berolah raga yang dapat menghindarkan mereka dari berbagai penyakit ketika dewasa.

Anwar Fuady

Anwar Fuady Mau Nikah di Usia 77, Begini Respons Anak-anaknya

Kabar bahagia datang dari aktor Anwar Fuady. Ia berencana akan menikah dengan wanita pujaan hatinya yang diketahui bernama Wiwiet Tatung. Anwar Fuady akan menikahi Wiwiet

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024