Trik Jaga Kalori Tubuh Saat Lebaran

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menjaga tubuh tetap sehat dan ramping saat hari raya Idul Fitri nanti, diakui sebagian orang cukup sulit. Beberapa tips mudah berikut, bisa menjadi panduan Anda.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Dokter spesialis gizi klinik, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK memaparkan bahwa makanan yang tersaji begitu banyak di kala Lebaran, memang sangat sulit untuk ditolak. Namun, ia mengingatkan, agar tidak kalap dengan beragam hidangan lezat tersebut.

"Cukup sehari dua hari saja kalapnya, jangan terus-terusan. Sesudah itu, kembalikan pola makannya seperti yang biasa lagi," ujar Inge pada awak media, belum lama ini.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Ia menerangkan, untuk menjaga kalori pada tubuh, harus pintar-pintar memahami berbagai hidangan sebelum dikonsumsi. Walaupun cukup rumit, ia tetap menyarankan untuk menghitung jumlah kalori dari porsi yang ingin dikonsumsi.

"Buka Google untuk cek kalori. Misal, satu loyang kue berapa sih kalorinya, lalu dibagi beberapa potong dan diperkirakan satu potongnya itu berapa kalorinya," ucapnya.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Namun, ada juga cara yang mudah dan praktis yang Inge sarankan yaitu, tetap banyak beraktivitas di saat hari raya Idul Fitri nanti. Tidak hanya itu, ia menyarankan untuk sering menimbang berat badan, agar mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

"Aktivitas dan asupan harus seimbang. Juga usahakan menimbang, itu cara paling mudah," katanya. (asp)

Suntik vaksin

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin merupakan salah satu penemuan yang paling ampuh dalam mencegah sebuah penyakit yang selama ini ditakuti. Dan imunisasi global juga telah menyelamatkan154 juta jiwa

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024