ASI Juga Berkhasiat Bagi Bayi Prematur

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Air Susu Ibu (ASI) terbukti bermanfaat, tidak hanya bagi sang buah hati. Sebuah penelitian beberapa waktu lalu mengatakan, menyusui bisa berperan penting bagi bayi yang lahir prematur. Penelitian ini juga mengatakan bahwa, ASI bisa meningkatkan kesehatan hati bagi para bayi prematur. Tidak hanya itu, ASI juga bisa membantu ketika anak tersebut tumbuh dewasa.

Ngeri, Ular King Cobra Masuk Rumah dan Saat Pemilik Menyusui Anaknya

Dilansir dari Boldsky, penelitian ini mengklaim bahwa bayi yang hanya diberikan ASI pada usia dini, memiliki fungsi hati yang lebih baik. Perbandingan ini dilakukan terhadap bayi yang sejak kecil telah diberikan susu formula.

Seorang ahli yang perhatian dengan hati juga mengatakan, menyusui juga mempunyai peran vital dalam pertumbuhan, dan perkembangan anak yang lahir dalam kondisi prematur, serta berbagai masalah lainnya.

Waktu Terbaik Ibu Hamil Mulai Belajar Menyusui

Secara umum, bayi yang lahir dalam kondisi prematur, cenderung memiliki sedikit ruang di hatinya dan dinding hati yang lebih sempit. Hal ini bisa mengurangi efisiensi fungsi hati selama mereka dewasa. Tidak seperti ASI, susu kemasan tidak mengandung enzim dan senyawa, sedangkan ASI mengandung hal itu, meski tidak selalu bertujuan baik.

Menyusui juga bisa membantu perkembangan hati saat bayi. Selain itu, bulan pertama kelahiran adalah bulan krusial pada perkembangan hati. Oleh karena itu, sangat baik untuk mengenalkan dan memberikan ASI selama fase tersebut, terutama untuk bayi prematur.

Jangan Bedong Bayi Saat Menyusui
Ilustrasi ibu menyusui

Ibu Menyusui Konsumsi Antibiotik, 3 Efeknya pada Bayi Perlu Bunda Tahu

Kebanyakan ibu merasa khawatir ketika sedang menyusui diresepkan antibiotik oleh dokter saat sedang sakit. Apa efeknya buat bayi?

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2021