Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Berhenti Minum Alkohol

Ilustrasi minuman beralkohol.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Masih sulit menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol? Mungkin Anda bisa menyimak penuturan seorang pakar yang khusus soal menangani kecanduan alkohol, Dr. Niall Campbell.

12 Mitos Populer tentang Alkohol dan Mabuk

Dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit di barat daya London ini memaparkan apa yang terjadi pada tubuh ketika berhenti mengonsumsi alkohol. Perubahan yang terjadi pada tubuh ini, ia jelaskan dalam rentang waktu. Berikut penjelasan Dr. Niall selengkapnya seperti dilansir dari laman Daily Mail.

24 Jam

Ini Penyebab Miras Oplosan Bisa Hilangkan Nyawa

Dalam waktu 24 jam setelah berhenti mengonsumsi alkohol, tubuh akan mulai membersihkan alkohol dari sistem. Pada saat ini, detoksifikasi dimulai dan kadar gula darah akan kembali normal. 

Akibatnya, kepala akan lebih ringan, depresi berkurang, dan tentu saja Anda lebih hemat karena tak perlu merogoh dompet untuk membeli minuman beralkohol.

Ibu Cekoki Bayi 2 Tahun dengan Minuman Keras, Warganet Marah

Satu pekan

Satu pekan setelah Anda berhenti minum alkohol, beberapa hal akan terjadi pada tubuh. Salah satunya pola tidur akan mengalami perbaikan.

Dua pekan

Alkohol diketahui memiliki kalori 'tersembunyi' yang cukup signifikan. Mengonsumsi segelas wine sama saja menambah 228 kalori ke dalam tubuh. Oleh karena itu, bobot tubuh akan turun jika Anda berhenti mengonsumsi alkohol dalam kurun waktu dua pekan.

Tiga hingga empat pekan

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol bisa menyebabkan peningkatan pada tekanan darah. Selain itu, kalori yang terkandung dalam alkohol juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Dengan berhenti mengonsumsi alkohol, tekanan darah Anda pun akan menurun.

Satu bulan

Dalam waktu satu bulan sejak Anda berhenti minum alkohol, perlahan akan tampak perubahan pada penampilan fisik. Penyebabnya, alkohol bisa menyebabkan kulit menjadi kurang elastis dan mempercepat penuaan. Dengan berhenti mengonsumsi alkohol maka Anda bisa mencegah penuaan lebih cepat pada kulit.

Empat hingga delapan pekan

Manfaat berhenti mengonsumsi alkohol akan semakin terasa pada pekan ke empat dan seterusnya. Fungsi organ tubuh, seperti hati akan mengalami peningkatan.

12 pekan

Mengonsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan sel darah membesar dan berujung pada rasa lelah. Sel darah tak mampu lagi membawa oksigen secara efisien ke seluruh tubuh.

Namun, setelah berhenti mengonsumsi alkohol, sel-sel darah akan memperbarui dirinya sendiri dalam waktu tiga bulan dan Anda akan merasa lebih sehat serta berenergi.

Bagaimana? Apakah Anda masih ragu berhenti mengonsumsi alkohol?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya