Panduan Santap Menu Lebaran Bagi Penderita Hipertensi

Ilustrasi makanan tinggi garam
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Lebaran tidak hanya sebagai hari suci untuk umat muslim, tapi juga sebagai hari di mana keluarga berkumpul. Pada hari yang suci ini, keluarga yang didatangi menyajikan berbagai macam makanan khas Lebaran. Dari opor, sayur ketupat, sambal goreng ati, dan berbagai macam makanan lainnya.

Resep Sayur Pepaya Pelengkap Sajian Lebaran

Tapi bagi penderita hipertensi makanan tersebut dapat berbahaya. Hal ini karena, semua makanan tersebut mengandung garam. Tentu dapat berisiko terhadap penyakit berbahaya seperti stroke.

"Tidak hanya gula dan kolesterol yang harus dihindari ketika Lebaran, garam juga berbahaya bagi yang memiliki penyakit hipertensi," kata dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, seorang dokter spesialis gizi.

Daftar Makanan Khas Lebaran dari Seluruh Dunia

Untuk menghindarinya dr Fiastuti menyarankan agar tidak berlebihan ketika makan. Harus bisa menahan diri agar tubuh tetap terjaga kesehatannya ketika Lebaran. 

"Makan teratur tiga kali sehari, pagi, siang, dan malam untuk menghindari dari makan berlebih," kata dr Fiastuti. 

Bahaya Kekurangan Garam Ternyata Mengerikan

Ia juga berpesan kepada orang yang menyajikan makanan, agar memberikan makanan yang sehat juga seperti buah, sayur, serta kue yang tidak tinggi kolesterol.   
 

Ilustrasi Sajian makanan Lebaran

Ragam Sajian Khas Lebaran di Seluruh Dunia

Ritual silaturahmi dan makan makanan khas Lebaran bersama keluarga saat Idul Fitri bukan hanya milik masyarakat Indonesia saja.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2021