Minuman Bersoda Bisa Rusak Kesuburan Pria

Ilustrasi minuman di restoran cepat saji
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Minuman bersoda sudah lama diketahui bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari penambahan berat badan, kerusakan gigi, hingga kecanduan gula. Sudah banyak pula para ahli yang memperingatkan tentang bahaya terlalu banyak meminum minuman bersoda.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Menurut laman The Sun, minuman bersoda bisa menjadi musuh bagi para pria yang sering meminumnya. Sejumlah ilmuwan telah membuktikan bahwa meminum satu liter minuman bersoda satu hari dapat mengurangi produksi sperma hingga 30 persen.

Para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark melakukan penelitian pada 2.554 pria muda dan menemukan bahwa meminum minuman bersoda, jenis apapun, satu liter per hari bisa menimbulkan dampak serius pada kesuburan pria. Mereka yang sangat candu dengan minuman bersoda memiliki jumlah sperma 35 juta per milimeter, sedangkan yang minum dengan jumlah yang ringan memiliki sperma 56 juta per milimeter.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Meskipun jumlah sperma tersebut masih dalam batas yang normal, namun pengurangan jumlah sperma yang terus meningkat pada akhirnya bisa menyebabkan tidak subur.

Meski demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa hasil penelitian ini tidak terkait dengan kafein yang dikonsumsi dari minuman lain seperti kopi atau teh. Hal ini membuat mereka yakin bahwa ada bahan unik dalam minuman bersoda yang menimbulkan masalah, atau hasil dari kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Pada penelitian lain yang dilakukan para ilmuwan dari Nicolaus Copernicus University dan Prof. Franciszek dari Memorial Hospital di Bydgoszcz, Polandia, menggarisbawahi bahwa konsumsi minuman bersoda yang berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya disfungsi ereksi.

Penelitian tersebut mencatat bahwa ereksi merupakan proses kompleks yang bergantung pada sejumlah proses fisik dan psikologi, dan pemanis yang digunakan pada minuman bersoda atau sirup tinggi fruktosa jagung bisa merusak pembuluh darah di penis.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa penumpukan lemah di organ dalam tubuh, atau perut, yang disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak sehat seperti minum minuman bersoda, juga menjadi penyebab utama masalah disfungsi ereksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya