Studi: Seks di Usia 40 Tahun Lebih Menantang

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak yang mengira bahwa semakin bertambah usia maka libido atau gairah seksual seseorang pun juga semakin menurun. Namun, sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengungkap bahwa di usia 40 tahun Anda akan memiliki kehidupan seks yang lebih menantang layaknya sebuah petualangan.

Fakta Aneh Soal Seks, Nomor 5 Bikin Shock

Temuan itu berdasarkan sebuah survei yang dilakukan pada 2.400 orang Kanada yang berusia 40 hingga 59 tahun. Survei tersebut mengenai kesehatan, kebahagiaan dan kepuasan seksual, serta perilaku seksual.

"Ada persepsi publik yang mengatakan, seiring bertambahnya usia, seks menjadi sesuatu yang kurang penting, kurang dinikmati dan tidak begitu sering dilakukan," kata Robin Milhausen, peneliti seksualitas dan hubungan asmara di University of Guelph di Kanada, dikutip dari Times of India.

5 Penelitian Aneh Seputar Seks, Prediksi Orgasme dari Bentuk Bibir

"Temuan ini mengindikasi bahwa kebanyakan orang Kanada paruh baya ternyata memiliki kehidupan seks yang aktif dan memuaskan," ujar Milhausen.

Studi tadi dilakukan oleh perusahaan kondom Trojan bersama Sex Information and Education Council of Canada (SIECCAN)

Terdengar Seperti Mitos, 5 Fakta Aneh Seks Ini Nyata Adanya

Para peneliti juga menemukan bahwa kepuasan seksual tidak menurun dengan bertambahnya usia. Menurut studi, 65 persen responden mengatakan hubungan seksual terakhir yang mereka lakukan sangat memuaskan. Tak hanya itu, kebanyakan responden juga mengatakan hubungan bersama pasangan mereka pun juga memuaskan secara emosional.

Peneliti juga mengungkap bahwa seiring bertambahnya usia, orang tampaknya semakin gemar melakukan hal-hal baru yang menantang dan berpetualang. Itu terbukti dari 63 persen responden mengatakan mereka lebih tertarik mencoba hal-hal baru di usia 40 tahun ke atas dibandingkan sebelumnya.

Penggunaan produk pelumas dan alat bantu seks seperti vibrator pun meningkat pada mereka yang telah mencapai usia 40 tahun keatas.

"Kepuasan seksual dan hubungan sangat berkaitan. Pasangan yang puas secara emosional dalam hubungan mereka dilaporkan memiliki kepuasan seksual yang paling tinggi," kata Milhausen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya