Cara Mudah Hitung Asupan Kebutuhan Gizi Si Kecil

Ilustrasi balita.
Sumber :
  • Pixabay/Radium

VIVA.co.id – Terkadang, orangtua sangat selektif dalam memilih asupan makanan untuk si buah hati, terlebih lagi jika si kecil tidak doyan makan.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Jika buah hati menolak untuk makan, biasanya orangtua menjadi panik dan khawatir gizi buah hatinya tidak tercukupi. Karena itu, mengetahui kebutuhan gizi anak sangat penting dilakukan agar Anda juga tidak berlebihan memberi makan buah hati Anda. Berikut ini adalah tips untuk mengukur kebutuhan gizi anak, seperti dilansir dari laman Parenting.

American Academy of Pediatrics (AAP) telah merilis panduan seberapa banyak asupan yang dibutuhkan si kecil. Menurut AAP, perkembangan anak biasanya akan melambat di tahun pertamanya, sehingga asupan makanan tidak bisa ditampung terlalu banyak.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Namun, perlu diketahui sebelumnya bahwa anak usia satu hingga tiga tahun membutuhkan 40 kalori per- inci dari total tinggi badannya. Misal, bayi bawah tiga tahun (batita) dengan tinggi kurang lebih 32 inci, maka ditotal dengan 40 kalori menghasilkan 1.300 kalori. Nah, perhitungan tersebut pastinya terasa sulit untuk para orangtua. Maka dari itu, berikut tips mudah untuk memberikan asupan sesuai kebutuhan rata-rata si kecil usia 1-3 tahun dalam satu hari.

1. Enam  sendok nasi atau gandum (untuk dua porsi)
2. Dua hingga tiga porsi sayur mayur
3. Dua hingga tiga porsi buah-buahan
4. Dua hingga tiga porsi produk susu
5. Dua porsi protein, misal daging sapi, ikan dan tahu
6. Dua porsi kacang-kacangan
7. Sekitar satu sendok selai kacang rendah gula. Selai kacang baik dikonsumsi untuk mengurangi alergi di tubuh si kecil.

Miris! Anak 5 Tahun Diduga Dilecehkan Ayah Kandung, Luka Robek Ditemukan di Alat Vital
Balita mengendarai sepeda motor

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Baru-baru ini viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang anak dibawah umur sedang mengendarai sepeda motor .

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024