Sepuluh Fakta Tersembunyi tentang Pusar

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Foundry Co

VIVA.co.id – Tidak sedikit yang lupa kapan terakhir kali kita membersihkan pusar. Dan Anda harus berpikir ulang jika ternyata Anda jarang membersihkan pusar secara teratur.

Saking Cinta Kekasih, Wanita Ini Hadiahi Pusarnya

Dr. Travis Stork dari The Doctors menjelaskan bahwa pusar menjadi rumah bagi lebih dari 60 jenis bakteri yang berasal dari losion, keringat dan sabun. Berikut ini beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui mengenai pusar, seperti dikutip dari laman Huffington Post.

1. Tidak bisa memilih bentuk pusar

Tiga Fakta Tentang Operasi Pusar, Tren Kecantikan Saat Ini

Dr. Curtis Cetrulo Jr mengatakan bahwa bentuk pusar dipengaruhi oleh cara pemotongan tali pusar saat lahir. Selain itu, bentuknya juga dipengaruhi oleh proses mengering dan lepasnya tali pusar.

2. Sarang bakteri

Jarang Bersihkan Pusar, Hati-hati Infeksi Mengerikan

Berdasarkan penelitian dari North Carolina State University, pusar adalah rumah bagi 67 jenis bakteri.

3. Bahan pembuat keju

Kotoran pusar bisa digunakan untuk membuat keju. Pada 2013 lalu, seorang ahli Biologi, Christina Agapakis bekerja sama dengan peracik aroma, Sissel Tolaas membuat kresi keju dengan menggunakan bakteri yang berasal dari tubuh manusia, salah satunya dari pusar.

4. Bisa terjangkit infeksi ragi

Infeksi ragi pada pusar bisa menjangkiti laki-laki dan perempuan di semua usia. Dikutip dari Livestrong, bayi yang baru lahir bisa tertular infeksi ini dari ibunya selama dalam kandungan.

Gejala infeksi ragi pada pusar adalah gatal, warna kemerahan dan bau pada pusar. Jika Anda mulai merasa perih hingga menjadi demam, segera temui dokter.

5. Harus dibersihkan dengan hati-hati

Pusar tidak dapat bersih dengan sendirinya seperti telinga. Gunakan kain katun dan sedikit alkohol untuk membersihkan kotoran pada pusar.

Penggunaan alkohol pada pusar harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat menyebabkan area dalam pusar menjadi kering. Selain itu, Anda dapat membersihkan pusar dengan bantuan sabun dan air secara teratur.

6. Bagian sensitif

Perut bagian bawah adalah area sensitif bagi laki-laki maupun perempuan, bagian pusar adalah salah satunya. Menurut Intimate Medicine, stimulasi pada pusar dapat menghasilkan sensasi geli pada bagian klitoris perempuan dan penis pada laki-laki.

7. Pusar dianggap seksi

Bagian pusar dianggap seksi oleh sebagian orang, namun tidak berlaku untuk semua bentuk pusar. Berdasarkan sebuah penelitian di Singapura, pusar kecil, berbentuk oval dengan perbandingan 46:54 adalah pusar yang seksi.

8. Beberapa orang tidak memiliki pusar

Meskipun jarang ditemui kasus seperti ini, beberapa orang bisa saja lahir tanpa pusar. Hal ini disebabkan oleh Hernia Umbilikalis dan Gastroschisis, yaitu kondisi cacat lahir dengan perut dan usus yang keluar dari lubang di dinding perut. Seorang model bernama Karolina Kurkova harus kehilangan pusarnya akibat penyakit ini.

9. Pusar bisa menangkap gumpalan serat kain

Peneliti di Australia menemukan bahwa pria dengan kelebihan berat badan dengan rambut halus di perut biasanya menangkap serat-serat kain pada pakaian mereka. Hal ini terjadi karena perut mereka bergesekan dengan kain, sehingga tercipta gumpalan serat kain di area pusar.

10. Bisa mencuat

Selama masa kehamilan, pusar bagian dalam yang selama ini tersembunyi bisa muncul ke permukaan. Keadaannya akan kembali normal secara perlahan setelah melahirkan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya