Cara Mona Ratuliu Ajarkan Anak Mandiri Sejak Usia Dini

Mona Ratuliu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA.co.id – Artis dan pemain sinetron Mona Ratuliu selalu fokus dalam mendidik anak. Salah satunya menanamkan nilai kemandirian pada anak sejak usia dini.

6 Langkah Jitu Menuju Kemandirian Finansial Impian Anda

Hal ini diungkapkannya dalam acara Closing Unilever Daycare, yang diadakan di Graha Unilever, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Juli 2016.  Menurutnya, ia telah membiasakan anak-anaknya untuk mandiri sejak bayi.

"Sebenernya ngajarinnya dari bayi. Mungkin dibiasakan dulu misalnya bersihin diapers. Saya sambil bersihin selalu bilang, ini mama sedang bersihkan ya," katanya.

Presiden KSPSI Harap Kemandirian Organisasi Buruh Terbangun Lewat Koperasi

Menurutnya, komunikasi yang dilakukannya juga salah satu bentuk untuk menanamkan kemandirian kepada anak, sehingga anak juga terbiasa dengan kebersihan.

Seiring bertumbuhnya usia anak, Mona semakin detail melakukan komunikasi tentang kemandirian. Misalnya ketika anaknya menumpahkan sesuatu, Mona akan mengajaknya untuk membersihkannya. Hal lain misalnya soal membereskaan mainan, Mona membiasakan membereskannya satu paket.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

"Biasanya setiap anak main (setelah selesai) tinggal mbaknya yang membereskan. Tapi di rumah, saya membiasakan satu paket (ketika anak main, juga bertanggung jawab untuk membereskan). Anak saya ketika main saya memberikan satu paket, bermain dan membereskan," katanya.

Menurutnya, sebagai orangtua, nilai kemandirian harus ditanamkan dengan penuh kesabaran. "Kadang orangtua tidak sabar dan akhirnya memanjakan. jadi orangtua harus lebih sabar menunggu supaya anaknya bisa lebih mandiri." 

Selain itu, Mona menambahkan bahwa orangtua harus mengerti karakteristik anak. Karena menurutnya karakter dan proses belajar tiap anak berbeda.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya