Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mata Kering

Bulu mata.
Sumber :
  • Pixabay/Heike

VIVA.co.id - Mata kering adalah kondisi saat mata tidak memiliki cukup air mata untuk menutrisi dan membasahi kedua bola mata. Gejala kekurangan ini biasanya ditandai dengan rasa gatal di mata. Jika tidak diatasi, mata akan menjadi sakit dan kornea mata bisa terluka atau mata bisa terkena infeksi serius.

Terdapat beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan mata kering. Ketika membaca buku, mata tidak mendistribusikan cairan dengan baik, oleh karena itu, mata sering terasa perih setelah membaca untuk waktu yang cukup lama. Kebiasaan lain yaitu menggunakan kontak lens, operasi Lasik yang memotong saraf yang memicu mata untuk berkedip dan mengkonsumsi obat-obatan untuk alergi dan obat kontrasepsi.

Mata kering bisa juga terjadi saat Anda sedang berada di masa perimenopause. Pada masa ini terjadi perubahan hormonal dalam tubuh. Penelitian membuktikan bahwa terdapat kaitan antara mata kering dengan ketidakseimbangan hormon.

Infeksi yang berkaitan dengan mata kering diakibatkan oleh iritasi ringan. Iritasi tersebut menyebabkan mata menjadi kekurangan cairan. Jadi, hindari infeksi apapun yang berhubungan dengan mata.

Dilansir laman Boldsky, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata kering. Konsumsi makanan yang mengandung omega-3 untuk membantu mengurangi iritasi pada mata, juga membantu menstabilkan jumlah produksi air mata.

Selain itu, hindari hal-hal yang bisa membuat mata Anda kering dan iritasi seperti asap. Yang paling penting adalah pastikan mata Anda mendapatkan istirahat yang cukup, beri perawatan dan obat tetes mata jika diperlukan.

Wajib Dilakukan Agar Lensa Kontak Tidak Rusak Mata

(mus)

Ilustrasi Salmon

Makanan Super untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel, masih banyak sumber makanan yang baik untuk mata

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016