Wajib Dilakukan Agar Lensa Kontak Tidak Rusak Mata

Wanita dengan lensa kontak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Penggunaan contact lens atau softlens memang sudah menjadi pilihan mudah dan praktis bagi banyak orang. Selain bisa mempercantik penampilan, penggunaan lensa kontak juga bisa membantu mereka para penderita mata minus melihat tanpa kacamata.

Salah satu aktris, Astrid Satwika merupakan seleb yang sering menggunakan lensa kontak saat beraktivitas. Ia pun tahu betul, bagaimana cara merawatnya agar tetap bersih dan tak mengiritasi mata.

Yang terpenting katanya, saat menggunakan lensa kontak harus selalu diperhatikan dan dijaga sterilisasinya. Ini harus dilakukan, agar tidak merusak kesehatan mata.

Perawatan dari softlens, sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun harus rajin-rajin membersihkannya atau bahkan menggantinya. Untuk membersihkan lensa kontak, air pembersih dan wadah untuk mencucinya juga harus sering diganti.

"Air (tempat menyimpan lensa kontak) itu harus sering diganti. Tutup rapat juga tempatnya kalau sudah selesai dipakai," ujar artis dan juga beauty enthusiast dalam acara FreshKon Alluring Eyes, di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu, 27 Juli 2016.

Wanita yang populer dari film Pulau Hantu 2 ini memaparkan bahwa sebaiknya tidak menempatkan lensa kontak di kamar mandi. Selain menjaga kebersihannya juga mampu membuat lensa kontak awet untuk pemakaian yang cukup sering.

"Nanti takut kecipratan air dan bakteri di situ," tambahnya.

Kemudian, pemakaiannya juga harus benar-benar terjaga kebersihannya melalui tangan dan hindari terpapar kuman. Tidak hanya itu, perhatikan juga kuku jari saat menggunakannya. Kuku, jangan terlalu panjang saat menyentuhnya.

"Pasti harus cuci tangan dahulu biar bersih sebelum menyentuh softlens. Juga, kuku jangan panjang karena takut bisa gores contact lens itu," kata dia.

Menghindari Iritasi saat Gunakan Lensa Kontak
Ilustrasi Salmon

Makanan Super untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel, masih banyak sumber makanan yang baik untuk mata

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016