Bahaya Tubuh Gemuk untuk Kesehatan

Timbangan berat badan.
Sumber :

VIVA.co.id - Bobot tubuh yang terlampau berlebihan, memang akan berdampak buruk pada tubuh. Tidak hanya pada satu organ, tapi juga organ lainnya yang saling berhubungan.

Tubuh yang terlampau gemuk dikenal dengan nama morbid obesity. Hal ini bisa berdampak banyak pada beberapa bagian tubuh penting.

"Orang gemuk, jantungnya biasanya bermasalah juga. Maka harus lakukan cek ke spesialis jantung," ujar Ahli Bedah Saluran Pencernaan, dr. Errawan R Wiradisuria, Sp.B-KBD yang ditemui di RS Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, ternyata risiko buruk juga bisa menimpa pada area tulang, terutama kaki. Karena, beban tubuh yang berat, akan membuat kaki menopang terlalu banyak beban.

"Kaki menahan beban, paling tidak ada iritasi secara perlahan terhadap lutut saat sedang berjalan dan berdiri," tambahnya.

Apalagi, mereka yang terlampau gemuk, akan mengalami kesulitan bernapas karena organ pernapasan yang terhalang oleh lemak. Maka, Errawan menyarankan agar berusaha mengubah pola hidup sedini mungkin karena begitu banyak manfaat yang nantinya dirasakan dengan bobot tubuh ideal.

"Dengan berat badan ideal akan mengembalikan fungsi hormonal karena distribusi darah akan kembali lancar. Bahkan, hal tersebut bisa memengaruhi fungsi seksualitas sehingga meningkatkan keinginan untuk berhubungan intim dengan pasangan," kata dia.

Pasangan Stres Bisa Picu Kegemukan
wanita Obesitas liburan

Bahaya Kesehatan di Balik Tubuh Gemuk

Ini merupakan hasil sebuah studi.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2017