Kenali Gejala Kanker Prostat dari Air Seni

Ilustrasi kanker prostat
Sumber :

VIVA.co.id – Kaum pria cenderung tidak peduli dengan kesehatan kelenjar prostat. Pasalnya, tidak ada gejala apapun yang dirasakan. Untuk itu, beberapa hal ini perlu diamati karena besar kemungkinan adalah gejala dari kanker prostat.

Diakui oleh Spesialis Urologi Siloam ASRI, dr. Chaidir Arif Mochtar, SpU (K) Phd, kanker prostat memang kerap muncul tanpa gejala apapun. Namun, beberapa pasien terkadang ada yang merasakan nyeri pada bagian tulang.

"Bisa nggak ada gejala, dan ini terjadi sangat sering," ujarnya dalam diskusi mengenai Ajakan Bagi Kaum Pria Peduli Kesehatan Prostat, di kawasan Pancoran, Jakarta, Kamis, 28 Juli 2016.

Namun, beberapa gejala yang berhubungan dengan kanker prostat sering ditunjukkan melalui eksresi--proses pengeluaran zat sisa metabolisme baik berupa zat cair dan zat gas yang sudah tidak bermanfaat bagi tubuh, bisa menjadi racun (kimiawi). Sehingga, kaum lelaki sebaiknya memperhatikan gejala pada saat sedang buang air kecil.

"Gangguan kandung kemih misal saat buang air kecil mampet atau macet. Itu bisa jadi manifestasi klinik dari kanker prostat," ujarnya menerangkan.

Tak hanya itu, gejala lain juga bisa dilihat dari pengeluaran sperma yang cenderung tidak biasa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya darah yang ikut keluar bersamaan dengan cairan sperma.

"Prostat memiliki peran dalam produksi sperma, jadi kalau sperma keluar dan ada darah, itu bisa jadi gejala yang harus diwaspadai."

Mulai Usia 30, Waspada Kanker Prostat

(mus)
 

Ilustrasi kanker.

Langkah Mudah Mencegah Kanker Prostat

Ada beberapa makanan yang bisa mencegah kanker ini.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2016