Perhatikan Suara Alami Tubuh sebagai Sinyal Kesehatan

Ilustrasi perut buncit
Sumber :
  • Antara
VIVA.co.id
5 Parasit Mengerikan yang Mungkin Sudah Ada Dalam Tubuh
- Anda tentu pernah merasakan ketika perut Anda tiba-tiba mengeluarkan suara aneh. Suara ini seringkali tidak hanya membuat tidak nyaman tapi juga membuat malu kalau terjadi di tempat umum.

Tips Menghindari Stres bagi Ibu Hamil
Meski terjadi secara tiba-tiba, tentu ada alasan kenapa perut Anda tiba-tiba berbunyi. Menurut laman Boldsky, hal ini dikarenakan stres yang tubuh Anda rasakan. Stres membuat otot-otot di perut Anda berkontraksi sehingga mengeluarkan suara.

Bahaya Stres Ibu Hamil pada Bayi yang Dikandung
Atau, pernahkah ketika Anda berlutut atau menggerakan lutut kemudian terdengar suara mengertak? Menurut para dokter, suara ini sangatlah normal terjadi dan tidak perlu membuat Anda khawatir.

Meski begitu, jika Anda menemukan adanya pembengkakan atau rasa sakit yang menyertai bunyinya, artinya Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Karena, ini bisa menjadi tanda ada yang salah dengan lutut Anda.

Terkadang, Anda juga mendengar ada suara seperti siulan tinggi yang keluar dari hidung. Hal ini biasanya disebabkan adanya sumbatan di hidung. Jika Anda sudah membersihkannya, situasi akan lebih baik. Suara seperti siulan itu biasanya sering terdengar karena banyaknya udara yang mencoba keluar dari lubang yang sempit.

Namun, hal ini juga bisa disebabkan lubang di hidung Anda menyimpang. Karena itu, jika Anda sering mendengar suara secara terus menerus dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter.

Pernahkah Anda mendengar suara berdeguk di tenggorokan ketika membuka mulut untuk berbicara? Hal ini terjadi karena tenggorokan mengeluarkan udara berlebihan di dalam perut. Ini bisa terjadi jika Anda makan terlalu cepat atau minum-minuman berkarbonasi atau mengunyah permen karet. Hal ini membuat Anda menelan banyak udara.

Sehingga udara tersebut keluar dalam bentuk suara degukan atau sendawa. Namun, ini hanya terjadi sesekali saja. Jika frekuensinya meningkat, segeralah berkonsultasi ke dokter utuk mengantisipasi masalah yang lebih berat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya