Tips Menghindari Stres bagi Ibu Hamil

Ibu hamil
Sumber :
  • Ist/womensclinic
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Stres sudah terbukti bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya berdampak psikologis, stres juga bisa memicu berbagai penyakit fisik.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Stres juga berbahaya jika dialami oleh ibu hamil karena bisa berdampak buruk bagi janin yang dikandung.

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Meski tidak bisa sepenuhnya dihindari, tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres pada ibu hamil. Yang pertama adalah rutin melakukan kunjungan ke dokter sesuai yang disarankan dan menjaga kebersihan pada bagian kemaluan.

"Ibu juga harus selualu menjaga kebersihan tubuh dan memastikan kebersihan bagian kemaluan tetap terjaga," kata DR. dr. Taufik Jamaan, Sp.OG dalam acara Kenali Stres pada Bayi Sejak Dalam Kandungan di Jakarta, Minggu, 31 Juli.

Banyak yang mengatakan jika hamil sebaiknya tidak membatasi asupan makanan demi perkembangan janin. Tapi, sebaiknya ibu hamil tetap menjaga asupan makanan dengan batasan 300 kalori.

"Sebaiknya kenaikan berat badan adalah dua kilogram per bulan. Kalau kenaikannya terlalu cepat, tekanan darah bisa meningkat. Cairan bisa terkumpul di kulit dan muncul gejala preeklampsia," ucap dr. Taufik.

Ibu hamil juga harus selalu memperhatikan kondisi fisiknya. Mengandung tentu membuatnya selalu membawa beban berat di tubuhnya, jadi ketika merasa lelah segeralah beristirahat.

Meski tidak boleh kelelahan tapi bukan berarti ibu hamil hanya berbaring saja di rumah. Menurut dr. Taufik, ibu hamil harus tetap menjaga aktivitasnya dengan melakukan olahraga ringan selama 30 menit. Berolahraga dapat menambah kekuatan jantung dan membuat otot panggul serta rongga panggul menjadi lebih fleksibel sehingga melahirkan menjadi lebih mudah.

"Atasi stres dengan selalu memiliki pikiran positif. Selalu bersyukur karena sudah diberi kehamilan sehingga bisa menjalani kehamilan dengan baik. Asupan makanan juga yang penuh gizi. Atur pola makan seimbang. Olahraga minimal 30 menit agar mendapat asupan oksigen yang baik," kata dr. Taufik.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya