Peran Penting Suami Saat Istri Hamil

Hamil
Sumber :
  • Freewallpaper
VIVA.co.id
Pengeluaran Hemat untuk Ibu Hamil
- Stres juga bisa dialami oleh ibu hamil. Karena itu, ibu hamil harus cerdas dalam menjaga kondisi tubuh dan pikirannya agar stres tidak berdampak pada janin yang dikandungnya.

Tak Tahan Lihat Istri Dicium, Suami Bunuh Tetangga
Salah satu cara untuk mengatasi stres itu adalah dengan berkomunikasi dengan suami.

Tips Menghindari Stres bagi Ibu Hamil
"Ceritakan saja semua pada suami. Kalau sedang kontraksi atau pegal. Apapun cerita ke suami. Itu akan menjadi ventilasi yang penting bagi ibu hamil supaya semua jangan disimpan terus sendiri. Itu tidak baik. Dengan cerita ini, meskipun mungkin suami tidak fokus mendengarkan, akan memberikan perasaan gembira," ujar DR. dr. Taufik Jamaan, Sp.OG, saat acara Kenali Stres pada Bay Sejak Dalam Kandungan di Jakarta, Minggu, 31 Juli 2016.

Dr. Taufik melanjutkan, saat hamil istri sangat membutuhkan dukungan dari suami. Meskipun ini proses alamiah yang dilalui ibu, tetap saja seorang perempuan membutuhkan dukungan dalam mempersiapkan diri menjadi seorang ibu.

"Baik dukungan dari suami, saudara, maupun ayah-ibu. Karena ibu hamil itu menjalani proses yang berat," katanya.

Selain itu, ibu hamil juga perlu melakukan relaksasi atau melakukan sesuatu yang membuat perasaannya senang. Apakah itu berbelanja atau melakukan hobi yang disukainya selama tidak membahayakan kehamilan.

"Suami juga harus sering mengelus dan membelai istri. Ini bisa memberikan endorfin, menambah kenyamanan bagi istri maupun bayi akan merasa lebih nyenyak di dalam perut," imbuh dr. Taufik.

Dalam mempersiapkan kelahiran, kehadiran suami juga sangat dibutuhkan keterlibatannya. Karena kelahiran itu bukan hanya proses yang dilakukan sang ibu, tapi juga ayah bayi.

Kemudian, jalinlah komunikasi yang baik dengan dokter kandungan. Dokter kandungan yang baik, kata dr. Taufik, adalah yang bisa memahami kondisi psikologis ibu hamil.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya