Ketahui Penyebab Remaja Berani Tampil Vulgar

Ilustrasi Remaja
Sumber :

VIVA.co.id - Aktivitas remaja di media sosial belakangan semakin memprihatinkan. Publik belum lama ini digegerkan dengan seorang selebgram yang kontroversial dengan kiriman-kiriman vulgarnya di media sosial, seperti merokok, minum minuman alkohol, hingga bercumbu mesra dengan kekasih. Mirisnya, masih banyak di antara para pengikut akun Instagramnya yang berasal dari kalangan anak-anak dan menyukai kiriman tersebut.

Menanggapi fenomena tersebut, Psikolog anak dan keluarga, dr. Rose Mini, menjelaskan terdapat beberapa penyebab mengapa remaja berani mengumbar kegiatan kontroversial tersebut di depan publik.

"Yang dilakukan anak ini mungkin tidak ada prestasi lain sehingga menurut dia hal-hal ini membanggakan. Percaya diri dan kebanggaan yang ditempelkan pada hal negatif ini salah," ujar wanita yang akrab disapa Bunda Romi itu saat dihubungi VIVA.co.id melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Ia juga melanjutkan, anak remaja cenderung senang dan bangga jika dijadikan pusat perhatian. Remaja ingin menunjukkan eksistensi dan keberaniannya.

"Sama kayak anak SD yang ingin eksis dengan cara merokok. Gayanya lebih-lebih dari yang tua. Dia ingin menunjukkan, 'ini lho gaya saya', kalau dia berani, dia bisa," kata Bunda Romi.

Ketika ditanya adakah faktor culture shock yang memicu aksi vulgar di media sosial, Bunda Romi mengatakan memang ada kemungkinannya. Remaja yang tinggal di kota lebih kecil ingin menunjukkan gayanya sendiri agar tidak disebut 'kampungan' ketika pindah ke kota besar.

"Kemungkinan dia masuk ke lingkungan yang menurut dia modernnya seperti itu. Dia pikir dia bakal keren kalau begini begitu," tambah Bunda Romi.

Fenomena Media Sosial Bahayakan Remaja dan Anak

(ren)

Ilustrasi media sosial.

Bahaya Mengerikan Medsos Meski Cuma Satu Jam Diakses

Bisa bikin sulit tidur.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2018