Pijatan Ini Bisa Redakan Stres Ibu Hamil

Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay/ ekseaborn0
VIVA.co.id
Penyakit Ini Picu Kematian Wanita saat Persalinan Meningkat
- Ibu hamil rentan mengalami stres, karena itu perlu melakukan beberapa penanggulangan agar stres tidak menumpuk dan mempengaruhi kandungan.

Pernah Menjalani Operasi, Wanita akan Mudah Hamil

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi stres pada ibu hamil adalah dengan pijatan. Memijat sendiri, juga bisa jadi langkah sederhana melepas stres yang bisa dilakukan di mana saja.
Ingin Hamil, Sara Wijayanto Ikuti Akupuntur Rahim


Wulan, terapis dari Mom n Jo, membagikan beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres pada ibu hamil. Gerakan ini disebut Wulan memiliki prinsip TTM yaitu jari telunjuk, tengah, dan manis.


Gerakan pertama dimulai dari kepala karena menurut Wulan, stres berawal dari pikiran jadi harus dimulai dari kepala.


Gerakan yang perlu Anda lakukan adalah memijat bagian atas dahi di dekat rambut dengan mengurut menggunakan telunjuk dari tengah dahi menuju pelipis. Gerakan sama dilanjutkan dengan jari tengah dan manis secara bergantian sebanyak tiga kali.


"Memijat ini harus dalam keadaan rileks dulu. Jadi, untuk menenangkan diri, tarik napas dulu tiga kali. Tarik napas lewat hidung, keluarkan lewat mulut. Kalau sudah rileks baru melakukan TTM tiga kali," kata Wulan saat mengisi acara Kenali Stres pada Bayi Sejak dalam Kandungan di Jakarta, Minggu, 31 Juli.


Pijatannya juga tidak boleh terlalu kencang karena di kepala banyak terdapat titik sakit, jadi harus dilakukan pelan-pelan saja.


Pijatan berikutnya adalah di wilayah dagu karena ibu hamil yang stres itu pasti sulit tersenyum. Dengan jari yang sama, lakukan pijatan mulai dari tengah dagu naik ke arah sudut bibir sebanyak tiga kali. Setelah sampai ke sudut bibir, tarik lagi menuju dekat telinga diakhiri dengan tekanan lembut di tempat jari berhenti.


Kemudian pijatan berpindah ke wialyah bahu. Pijat menggunakan tiga jari sekaligus dari tengah leher menuju pangkal lengan sebanyak tiga kali. Setelah itu, tepuk-tepuk perlahan bahu Anda hingga merasa benar-benar rileks.


Keluhan lain dirasakan ibu hamil yang sudah mencapai usia kehamilan besar adalah sesak napas. Karenanya, gerakan pijatan berikutnya dipusatkan pada wilayah dada.Lakukan pijatan dengan gerakan memutar mulai dari belahan dada. Sambil tetap memijat memutar, terus gerakan pijatan mengarah ke bahu.


Pijatan berikutnya untuk mengurangi rasa pegal di pinggang. Caranya, letakan tangan Anda di bagian pinggang belakang, jempol mengarah ke perut. Lalu pijat memutar hingga bagian bokong.


"Kalau Anda sedang di rumah akan lebih enak lagi kalau memijatnya pakai minyak natural," kata Wulan.


Setelah itu, untuk mengurangi kontraksi di perut, Wulan menyarankan agar ibu mengusap perlahan perutnya dengan gerakan memutar searah jarum jam.


"Biasanya ibu hamil sering mengalami kram kaki saat dini hari. Untuk mengatasinya sendiri, sediakan kain di kasur. Kemudian sampirkan kain ke telapak kaki dan tarik hingga kaki mengangkat. Lakukan gerakan dengan perlahan saja. Lakukan sampai merasa nyaman kemudian bagian betis bisa ditekan-tekan sedikit," kata Wulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya