Bahaya Kafein dalam Enam Cangkir Kopi

Secangkir kopi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Kopi, teh dan cokelat. Siapa menyangka bahwa makanan yang kita konsumsi setiap hari ternyata mengandung kafein. Kafein memang memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Namun, jika berlebihan mengonsumsinya, bisa berbahaya bagi tubuh.

Sebenarnya, syarat terbaik rata-rata orang mengonsumsi kafein yaitu 80 hingga 125 miligram dalam sehari (kurang lebih dua gelas kopi hitam), meskipun kadar kemampuan tubuh setiap orang berbeda-beda dalam menerima kafein perhari, namun tetap perlu diwaspadai asupannya. Seperti dilansir dari laman Bodybuilding, berikut ini bahaya kafein yang harus Anda waspadai.

1. Konsumsi kafein lewat makanan manis dan tinggi kalori

Kafein banyak terkandung dalam minuman dan makanan manis yang kita konsumsi. Misalnya cappuccino, sepotong kue tiramisu, es krim, bahkan dalam sebutir pil sakit kepala, karena hal tersebut menjadi dampak buruk untuk tubuh. Selain meningkatkan kadar kafein dalam tubuh tanpa disadari, konsumsi kafein lewat makanan manis mampu menambah bobot tubuh dan memicu obesitas.

2. Waspada bagi ibu hamil dan pengidap penyakit jantung

Berlebihan mengonsumsi kafein ternyata berisiko bagi ibu hamil dan yang memiliki riwayat jantung. Bagi pasien yang mengidap penyakit jantung, konsumsi kafein yang berlebihan akan memicu detak jantung dan bisa mengakibatkan stroke juga serangan jantung. Sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yaang tepat bagi Anda.

3. Efek candu

Meskipun baik untuk tubuh, ternyata kafein memiliki efek candu dan mampu membuat seseorang ketergantungan untuk mengonsumsinya. Selain itu, karena kafein merupakan stimulan yang membantu meningkatkan ritme energi tubuh, maka akan memberi efek buruk seperti rasa sakit kepala ketika berhenti mengonsumsinya.

4. Mual

Kemampuan setiap orang berbeda-beda ketika menerima kadar kafein. Dua gelas kopi sehari masih wajar dikonsumsi, namun jika 4-6 cangkir (lebih dari 400 miligram) perhari akan berdampak pada kesehatan Anda.

Benarkah Kafein Mampu Turunkan Berat Badan?

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein akan ditandai oleh rasa mual dan kembung pada lambung Anda, selain itu jantung Anda juga akan terasa berdebar-debar.

Untuk itu, perhatikan secara detail agar tidak konsumsi kafein secara rutin maupun berlebihan dalam keseharian Anda. Sebaiknya, konsumsi secukupnya saja agar tubuh tidak membahayakan tubuh.

(mus)

Prosedur yang Harus Dilakukan Saat Potong Lambung
Ilustrasi minum

Studi: Minuman Energi Dapat Membuat Irama Jantung Abnormal

Studi muncul dalam Journal of Addiction Medicine.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016